Mamuju (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Sulbar), Irjen Polisi Drs Verdianto I Bitticaca M Hum mengajak personelnya mewujudkan cita-cita perjuangan nasional untuk kemajuan bangsa.

"115 tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai Negara mulai menyala, hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi perjuangan nasional," kata Kapolda Sulbar, di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, perjuangan nasional tersebut menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan seluruh pejuang kemerdekaan bersatu di dalamnya.

"Sejak saat itu gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil dan makmur," katanya.

Menurut dia, dalam era kemerdekaan ini tiga tujuan  menjadi cita-cita utama kebangkitan Nasional harus diteruskan seluruh elemen bangsa.

Ia menyampaikan, cita cita tersebut diantaranya memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa. Selain itu mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh elemen pemerintahan hingga masyarakat untuk saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai persatuan dan kesatuan tersebut dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global baik kesehatan, perekonomian hingga geopolitik.

Ia juga meminta agar personil Polda Sulbar untuk mewujudkan cita-cita nasional tersebut dalam menjalankan tugasnya mengayomi masyarakat.

"Personel Polda Sulbar diminta menjalankan tugas dengan mengedepankan kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia," katanya.

Baca juga: Polda Sulbar perkuat kemitraan bersama masyarakat lintas suku
Baca juga: Kapolda Sulbar minta satgas penyelesaian konflik lahan dibentuk
Baca juga: Kapolda Sulbar resmikan ruang pelayanan khusus kaum difabel

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023