Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (22/5) disiarkan ANTARA dan masih layak Anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. ATR/BPN terbitkan edaran baru menyangkut kawasan IKN Indonesia baru

Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) segera menerbitkan edaran baru menyangkut pertanahan di kawasan Ibu Kota Negara atau IKN Indonesia baru bernama Nusantara yang ditetapkan pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

"Ada indikasi transaksi jual beli lahan masih dilakukan setelah IKN Nusantara ditetapkan," ujar Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni melalui keterangan pers tertulis yang diterima di Penajam, Senin.

Selengkapnya baca disini

2. Anas Urbaningrum ungkap tengah dalam pengkajian terkait PKN

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengungkapkan bahwa dirinya tengah dalam proses mengkaji secara saksama terkait wacana bergabungnya ia bersama Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

"Sedang dalam proses pengkajian yang sungguh-sungguh," kata Anas ditemui usai acara Halalbihalal dan Silaturahmi Nasional III Jaringan Indonesia (Jari) di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (21/5) malam.

Selengkapnya baca disini

3. Guru Besar UI: KPU harus percaya diri tetap revisi PKPU 10/2023

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia Prof. Valina Singka Subekti mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa penyelenggara pemilihan umum harus percaya diri tetap merevisi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 terutama isi Pasal 8 ayat (2).

Valina menjelaskan isi Pasal 8 ayat (2) PKPU Nomor 10 Tahun 2023 mencerminkan kemunduran, karena peraturan-peraturan KPU sebelumnya, Undang-Undang Pemiihan Umum, berbagai undang-undang terkait lainnya, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah menjamin keterwakilan perempuan untuk dipilih saat pemilihan umum, yaitu melalui penetapan kuota paling sedikit 30 persen dalam pencalonan anggota legislatif.

Selengkapnya baca disini

4. Jokowi minta proyek menara BTS dilanjutkan

Plt Menteri Komunikasi dan Informatika Mahfud MD mengatakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan agar proyek menara Base Transceiver Station (BTS) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemnkominfo) terus dilanjutkan untuk memenuhi kebutuhan rakyat terhadap infrastruktur telekomunikasi.

“Karena itu sudah didesain sebagai strategi kebijakan strategis pembangunan untuk pelayanan rakyat sejak 2006 dan sudah berjalan bagus setiap tahun, sudah dipertanggungjawabkan maka itu kita usahakan untuk dilanjutkan,” kata Mahfud MD usai bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

5. Mendagri ingatkan pemda waspadai fenomena El Nino

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengingatkan pemerintah daerah agar mewaspadai terjadinya fenomena El Nino demi memastikan pengendalian inflasi tidak terganggu.

Menurut Tito, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, pemda perlu mewaspadai fenomena El Nino karena sejumlah lembaga memprediksi Indonesia bakal mengalami fenomena yang dapat mengakibatkan kekeringan dan berkurangnya sumber air bersih di beberapa wilayah itu.

Selengkapnya baca disini

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023