Surabaya (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menerapkan sistem "One Stop Service" atau layanan satu atap kepada jamaah di asrama haji setempat.

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya Husnul Maram dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Selasa, menjelaskan, sistem layanan satu atap pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini sesuai dengan ketetapan Kementerian Agama (Kemenag).

"Dalam layanan satu atap ini di antaranya jamaah menyerahkan tas bagasi dan kabin kepada petugas PPIH. Selain itu pemberian label pada tas kabin, hingga pemeriksaan akhir kesehatan jamaah calon haji juga dilakukan di Asrama Haji," katanya.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jatim itu menandaskan, pelayanan satu atap kepada jamaah juga meliputi penyerahan surat panggilan masuk asrama (SPMA) dan bukti lunas biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) kepada petugas PPIH di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Termasuk dalam pelayanan satu atap pada jamaah di Asrama Haji Embarkasi Surabaya adalah penyerahan kartu makan serta penempatan kamar. Selain itu juga penyerahan gelang identitas; paspor, visa, boarding pass, lembar tanda terima dan penyerahan living cost atau biaya hidup selama di Tanah Suci.

Husnul membandingkan, bedanya pada tahun lalu living cost dan paspor diberikan kepada jamaah ketika proses pemberangkatan ke Tanah Suci.

"Tahun ini living cost dan paspor jamaah diberikan pada proses penerimaan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya. Diharapkan melalui metode ini, semua proses akan berjalan lebih cepat dan efisien," ujarnya.

PPIH Embarkasi Surabaya menyatakan siap memberangkatkan sebanyak 36.938 jamaah calon haji ke Tanah Suci pada tahun 2023.

Jamaah tersebut terdiri dari Provinsi Jawa Timur (Jatim) sebanyak 35.152 orang, Bali 896 orang dan Nusa Tenggara Timur (NTT) 668 orang. Keberangkatannya ke Tanah Suci terbagi dalam 84 kelompok terbang (kloter). Kloter 1 dijadwalkan mulai masuk Asrama Haji Embarkasi Surabaya tanggal 23 Mei 2023.

Berturut-turut 24 Mei - 7 Juni 2023 adalah jadwal keberangkatan jamaah calon haji gelombang 1 tujuan Madinah, yang selanjutnya bergerak menuju Mekkah pada 2 -16 Juni 2023.

Penerbangan jamaah calon haji gelombang 2 tujuan Jeddah dan langsung bergerak menuju Mekkah dijadwalkan tanggal 8-22 Juni 2023.

Baca juga: Kemenag alihkan 24 ribu kuota jamaah haji yang belum bayar BIPIH

Baca juga: Media Center Haji mulai beroperasi 23 Mei 2023

Baca juga: KJRI: Jamaah jangan bawa jimat, bisa kena pasal sihir di Saudi

 

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nashrullah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023