Jakarta (ANTARA) - Platform travel Traveloka memprediksi perjalanan domestik maupun internasional akan mengalami peningkatan pada periode liburan sekolah antara Mei hingga Juli 2023.

CEO Transport Traveloka Iko Putera dalam keterangannya di Jakarta, Selasa mengatakan data internal mencatat, pada kuartal I 2023, tingkat reservasi akomodasi dan tiket pesawat untuk perjalanan domestik sudah kembali pada tingkat permintaan sebelum pandemi.

Sedangkan, untuk perjalanan internasional, tercatat peningkatan sebesar dua kali lipat untuk reservasi akomodasi terutama di destinasi Singapura dan Jepang serta hampir tiga kali lipat untuk reservasi tiket pesawat dibandingkan periode yang sama pada 2022.

Data yang sama mencatat, Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea Selatan, dan Australia, masih menjadi destinasi dengan permintaan tertinggi untuk perjalanan internasional.

Sedangkan, untuk perjalanan domestik ada Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Yogyakarta, di samping Jabodetabek, Surabaya, dan Medan menjadi tujuan favorit untuk staycation.

Peningkatan minat perjalanan internasional memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia serta berkontribusi dalam mendorong kolaborasi yang erat antara negara-negara dalam bidang pariwisata.

Memasuki masa liburan sekolah pada Mei hingga Juli, merupakan peak season liburan keluarga, sehingga kami melihat permintaan perjalanan internasional akan terus menguat” jelasnya.

Iko menambahkan pihaknya memahami bahwa perjalanan luar negeri memerlukan perencanaan cermat dan komprehensif yang sesuai dengan aspirasi konsumen.

Oleh karena itu, Traveloka hadir dengan memberikan solusi perjalanan lengkap untuk memudahkan pengguna dalam perencanaan seperti tiket pesawat, hotel, tiket atraksi, asuransi perjalanan, transportasi antarjemput bandara, rental mobil, dan akses internet luar negeri.

"Menyambut periode liburan sekolah kali ini, kami hadirkan Traveloka Travel Fair sebagai solusi untuk mewujudkan liburan impian bagi keluarga terutama dalam perjalanan destinasi internasional," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, perusahaan juga menyediakan fitur dan produk yang dirancang untuk meminimalkan risiko dan memberikan ketenangan kepada konsumen jika terjadi perubahan rencana perjalanan mereka.

Contohnya, fitur refund/reschedule guarantee yang dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan pengembalian uang 100 persen jika mereka membatalkan tiket atau melakukan penggantian jadwal sesuai yang diinginkan konsumen dengan membeli asuransi tambahan.

Traveloka Travel Fair digelar serentak di enam negara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam mulai 22 Mei hingga 4 Juni 2023.

Sepanjang periode tersebut, Traveloka menawarkan diskon hotel, tiket pesawat dan atraksi hingga 50 persen plus 30 persen setiap hari di aplikasi Traveloka.

Pameran juga akan diadakan secara offline pada 29 Mei hingga 4 Juni di Kota Kasablanka, Jakarta. Konsumen yang mengunjungi booth berkesempatan mendapatkan manfaat tambahan seperti kupon diskon hingga Rp1 juta untuk menginap di seluruh dunia, serta lebih banyak diskon spesial untuk menginap di berbagai destinasi yang bisa didapat setiap pukul 18.00 hingga 21.00 WIB.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023