Jakarta (ANTARA) - Agen perjalanan daring (OTA) Agoda memberikan rekomendasi beberapa pilihan rencana perjalanan untuk bulan Juni yang disesuaikan dengan estimasi biaya atau budget.

Survei Agoda tentang tren perjalanan (travel trend survey) menunjukkan para wisatawan dari Asia dan Amerika Serikat telah merencanakan anggaran perjalanan mereka untuk tahun ini.

Menurut hasil survei tersebut, sejumlah besar wisatawan memilih untuk menghabiskan antara 201-500 dolar AS (sekitar Rp3 juta-Rp7 juta) per orang untuk perjalanan dan akomodasi. Ini menjadikannya pilihan yang paling populer di kalangan wisatawan, termasuk di Indonesia.

Berikut pilihan rencana perjalanan pada bulan Juni yang cocok untuk dua orang, mengutip keterangan pers yang diterima di Jakarta pada Kamis.

Baca juga: Ide liburan bertema tur konser

Destinasi domestik: Bali

Estimasi biaya Rp10 juta untuk 2 orang dengan durasi trip 25 -30 Juni 2023

Bali pilihan utama bagi para wisatawan sebab menawarkan budaya eksotis dan keindahan alam yang menakjubkan. Selama di Bali, Anda dapat menginap di akomodasi yang memiliki akses mudah ke berbagai tempat wisata, contohnya Grand Ixora Kuta Resort.

Hanya dengan Rp5 juta, Anda bisa mengamankan budget penerbangan pulang-pergi dan menginap selama lima malam untuk dua orang yang bisa didapatkan dari paket pesawat+hotel Agoda.

Jangan lewatkan perjalanan sehari ke Nusa Penida untuk mengunjungi Pantai Kelingking, Pantai Pasih Uug, Angel Billabong, hingga selami dunia bawah laut di Crystal Bay dengan biaya sekitar Rp2 juta.

Jangan lewatkan pula pengalaman yang bisa memacu adrenalin di pusat olahraga air Tanjung Benoa di dekat kawasan Nusa Dua dengan biaya sekitar Rp1,5 juta untuk dua orang.

Selama di Bali, Anda bisa menikmati tur pribadi selama 10 jam menjelajahi Desa Ubud. Di sini Anda dapat mengunjungi Monkey Forest yang sakral hingga menikmati sawah terasering Tegalalang, pura mata air suci, dan air terjun Tegenungan dengan hanya Rp1,5 juta.

Baca juga: Jelajahi keragaman budaya Asia Tenggara di empat destinasi negara ini

Destinasi luar negeri: Kuala Lumpur

Estimasi biaya Rp9,3 juta untuk 2 orang dengan durasi trip 20-23 Juni 2023

Kuala Lumpur dapat dijadikan alternatif destinasi karena menyimpan pesona tersendiri bagi wisatawan. Saat berada di kota ini, Anda dapat menginap di hotel Santa Grand Signature Kuala Lumpur yang memiliki lokasi strategis ke berbagai objek wisata.

Anda bisa mendapatkan tiket penerbangan pulang-pergi dan menginap selama 3 malam dengan harga Rp5,5 juta untuk dua orang melalui paket pesawat+hotel Agoda.

Selama di Kuala Lumpur, Anda dapat melakukan perjalanan sehari ke Ipoh hanya dua jam berkendara dari Kuala Lumpur.

Dengan hanya Rp2,3 juta untuk tur pribadi, Anda dapat menjelajah Gua Tempurung, Kastil Kellie dari abad ke-19, hingga Kuil Gua Kek Lok Thong & Taman Zen. Nikmati pula wisata warisan Ipoh yang kaya termasuk Balai Kota, Kantor Pos Lama, Masjid, hingga Menara Jam Memorial Birch.

Jangan lewatkan untuk menjelajah Islamic Arts Museum serta berjalan-jalan di Perdana Botanical Gardens dengan hanya Rp300 ribu.

Jangan lupakan pula untuk berwisata kuliner Malaysia dengan Chef Designed Kuala Lumpur Food Tour. Dengan Rp1,2 juta untuk dua orang, Anda bisa menikmati tur kuliner dengan lebih dari 15 jenis makanan dan 4 jam berpesta di kawasan tua Kuala Lumpur.

Baca juga: Simak akomodasi "value for money" berkonsep unik di berbagai negara

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023