Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iran Dr. Jamileh Alamolhoda pada Selasa mengunjungi Kantor Kongres Wanita Indonesia (Kowani) di Jakarta Pusat dan antara lain membahas peran perempuan dalam upaya mewujudkan dunia yang lebih baik.

"Perempuan yang baik bisa menyelamatkan masyarakat dunia, dimulai dengan menciptakan dunia yang baik bagi anak-anaknya. Ia harus bisa memadamkan api permusuhan di tengah keluarga, jika kebutuhan ini sudah terpenuhi, maka perdamaian dunia bisa tercapai," katanya saat menyampaikan sambutan dalam kunjungannya di Kantor Kowani.

Jamileh mengemukakan, jika perempuan ingin membantu mengembalikan perdamaian di dunia, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah kembali ke keluarga lebih dulu.

"Dalam keluarga, kita bisa menghidupkan nilai-nilai yang kita miliki, budaya yang kita miliki, karena ketika berkeluarga, perempuan cenderung mampu memegang teguh prinsip dan menjaga keutuhan keluarga," tuturnya.

Selain itu, dia menyampaikan bahwa Iran memiliki Goharshad, lembaga pemberdayaan yang meliputi banyak perempuan dan setiap tahun memberikan penghargaan kepada orang maupun kelompok yang berprestasi di berbagai bidang.

"Dua bulan lagi, pada Hari Keluarga Nasional Iran, Goharshad Award akan diberikan kepada mereka yang berhasil memproduksi film yang menunjukkan perempuan-perempuan pembawa perubahan, dari tingkat terkecil, yakni rumah tangga," kata Jamileh.

Penghargaan tersebut diberikan guna mendorong para sutradara di Iran untuk menyampaikan kepada dunia bahwa perempuan-perempuan Iran sudah bergerak progresif dalam bidang pendidikan, sosial, budaya, maupun ekonomi.

Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo menyambut gembira kehadiran Ibu Negara Iran, yang dikenal dengan upayanya memperjuangkan pemenuhan hak perempuan.

Ia menyampaikan bahwa sebelumnya Kowani diundang ke Iran untuk menghadiri Kongres Perempuan Berpengaruh.

"Saat datang ke sana, persepsi kami tentang Iran ternyata berbeda. Perempuan Iran ternyata sangat maju dalam memperjuangkan negaranya, begitu pula negara, yang sudah sangat melindungi para perempuannya," kata Giwo.

"Kami berharap akan ada kesepakatan bersama yang dilakukan, bisa di Iran atau di Indonesia, untuk pertukaran dan pelatihan, khususnya di bidang pendidikan. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga di bidang-bidang strategis yang lain," ia menambahkan.

Baca juga:
Iriana sambut Ibu Negara Iran, perlihatkan batik dan minum teh
Kowani deklarasi Gerakan Ibu Bangsa Percepatan Penurunan Stunting

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023