Rabu (24/5), dijadwalkan terdapat tiga penerbangan keberangkatan menuju Madinah
Sidoarjo (ANTARA) - Sebanyak empat unit toilet portabel disiapkan oleh Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur untuk melayani kebutuhan jamaah calon haji saat menuju atau menunggu naik pesawat.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar di Sidoarjo, Selasa mengatakan, fasilitas ini disiapkan di area Ground Service Equipment (GSE) dekat dengan lokasi bus sebelum jamaah calon haji naik ke pesawat.

"Pada hari pertama embarkasi atau Rabu (24/5), dijadwalkan terdapat tiga penerbangan keberangkatan menuju Madinah," katanya.

Ia mengatakan, kelompok terbang (kloter) pertama yang mengangkut jamaah calon haji asal Kabupaten Bangkalan pada pukul 09.15 WIB.

"Kemudian kloter kedua yang mengangkut calon jamaah haji dari Kota Madiun, Kabupaten Bangkalan, dan Kota Surabaya pada pukul 11.15 WIB, serta kloter ketiga yang akan memberangkatkan jamaah calon haji yang berasal dari Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, dan Kota Surabaya pada pukul 13.15 WIB," ujarnya.

Baca juga: Bandara Juanda pastikan barang terlarang tak terbawa jamaah ke pesawat
Baca juga: Bandara Juanda siap layani penerbangan langsung angkutan haji


Ia mengatakan, selama periode embarkasi yang berlangsung 30 hari pihaknya akan melayani 2 hingga 3 penerbangan haji per harinya.

"Kami mohon doa dan dukungan agar pelayanan angkutan haji dapat berjalan baik dan lancar," katanya.

Ia menambahkan, saat ini Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur memastikan kesiapan untuk melayani penerbangan langsung Juanda-Jeddah pada musim haji 2023.

"Pekerjaan perkerasan landasan atau overlay yang sudah terlaksana sejak pertengahan tahun lalu telah selesai sesuai skala prioritas yang ditetapkan untuk pelayanan angkutan haji," ucapnya.

Baca juga: PPIH sebutkan kasus kaki melepuh biasa terjadi di Madinah
Baca juga: Garuda Indonesia pastikan kesiapan penerbangan haji ramah lansia
Baca juga: Komisi VIII DPR setujui tambah BPIH Rp288 miliar untuk kuota tambahan

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023