Belitung (ANTARA) -



Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie menyalurkan bantuan paket sembako kepada 17 warga terdampak bencana angin puting beliung yang terjadi pada Kamis (17/5).

"Kegiatan sosial penyaluran sembako adalah upaya respons cepat membantu para korban angin puting beliung," katanya di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, bantuan tersebut disalurkan kepada sebanyak 17 warga dari dua desa yang terdampak bencana angin puting beliung yakni warga Desa Air Ketekok dan Desa Air Raya.

Ia mengatakan, bantuan tersebut berasal dari pihak swasta yakni Yayasan Bina Bakti Belitung (BBB).

"Bantuan paket sembako itu berupa beras, minyak goreng, dan gula pasir," ujar Isyak.

Baca juga: Bencana angin puting beliung rusak belasan rumah di Belitung

Menurut dia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Belitung juga telah menyalurkan bantuan bahan bangunan berupa seng kepada warga yang terdampak bencana angin puting beliung.

Bantuan material bahan bangunan seperti seng tersebut diberikan guna membantu warga memperbaiki rumah yang mengalami rusak ringan akibat terjangan angin puting beliung.

"Jika ada kejadian seperti ini, kami bergerak cepat untuk membantu masyarakat," katanya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada pihak swasta yang telah turut memberikan tali asih kepada warga terdampak angin puting beliung tersebut.

Baca juga: BPBD Lombok Tengah salurkan bantuan kepada korban angin puting beliung

"Kolaborasi seperti ini menunjukkan bahwa sisi kemanusiaan antarwarga masih terjalin kuat dan baik. Inilah yang harus kita jaga terus," ujarnya.

Isyak mengatakan, pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran kedaruratan terutama potensi ancaman terjadinya bencana alam.

"BPBD memang ada anggaran tentunya tidak besar sekali kalau untuk puting beliung ada bantuan seng untuk perbaikan," katanya.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap ancaman potensi bencana alam disebabkan cuaca ekstrem.

Baca juga: BPBD Sumba Barat Daya distribusi bantuan korban bencana puting beliung

"Tentu kita harus siap ke depannya karena Belitung memang rawan terjadi bencana, salah satunya angin kencang," ujarnya.

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023