Singapura (ANTARA) - Harga minyak naik di awal perdagangan Asia pada Rabu pagi, setelah pasokan minyak dan bahan bakar AS mengetat dan karena peringatan dari menteri energi Saudi kepada para spekulan meningkatkan prospek pengurangan produksi OPEC+ lebih lanjut.

Minyak mentah Brent berjangka terangkat 86 sen atau 1,1 persen, menjadi diperdagangkan di 77,70 dolar AS per barel pada pukul 00.07 GMT. Sementara itu, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS menguat 88 sen atau 1,2 persen, menjadi diperdagangkan di 73,79 dolar AS per barel.

Data industri pada Selasa (23/5/2023) malam menunjukkan persediaan minyak mentah dan bahan bakar AS turun tajam.

Persediaan minyak mentah turun sekitar 6,8 juta barel dalam pekan yang berakhir 19 Mei, menurut sumber pasar yang mengutip angka American Petroleum Institute (API) pada Selasa (23/5/2023). Persediaan bensin turun sekitar 6,4 juta barel, sedangkan persediaan sulingan turun sekitar 1,8 juta barel.

Jika data dari Badan Informasi Energi AS, yang dirilis pada Rabu, mengkonfirmasi angka API, persediaan bensin AS akan turun untuk minggu ketiga berturut-turut ke level pra-Memorial Day terendah sejak 2014.

Liburan Memorial Day, tahun ini pada 29 Mei, secara tradisional menandai awal perjalanan puncak musim panas AS.

Sementara itu, pengurangan produksi oleh beberapa anggota OPEC+ mulai berlaku bulan ini. Kekhawatiran akan tekanan pasokan meningkat setelah menteri energi Arab Saudi mengatakan dia akan mempertahankan short seller - mereka yang bertaruh bahwa harga akan turun - "ouching" dan mengatakan kepada mereka untuk "hati-hati".

Beberapa investor menganggap itu sebagai sinyal bahwa Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia dapat mempertimbangkan pengurangan produksi lebih lanjut pada pertemuan 4 Juni.

Di tempat lain, pasar masih mewaspadai diskusi plafon utang AS yang pada gilirannya meredam kenaikan harga minyak. Putaran lain pembicaraan plafon utang berakhir pada Selasa (23/5/2023) tanpa tanda-tanda kemajuan ketika tenggat waktu untuk menaikkan batas pinjaman pemerintah 31,4 triliun dolar AS atau risiko gagal bayar semakin dekat.

Baca juga: Minyak naik, pedagang perkirakan kemungkinan pengurangan produksiBaca juga: Minyak terus menguat karena permintaan bensin tinggi, pasokan ketat

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023