Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda (Laksda) TNI Rachmad Jayadi memimpin Latihan Operasi Pertahanan Pantai dan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Kapal TK.III/L3 Tahun 2023 di Perairan Sele, Perairan Sorong, dan Samudera Pasifik pada 23–24 Mei 2023.

Laksda Jayadi mengerahkan empat kapal perang Republik Indonesia (KRI) yang berada di bawah kendali Koarmada III dalam latihan, yaitu KRI Teluk Wondama-527, KRI Layaran-854, KRI Albakora-867, dan KRI Gulamah-869, ditambah pesawat CN-235 P-8304 dari Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal), dan meriam Howitzer dalam latihan.

Pangkoarmada III, sebagaimana disampaikan dalam siaran tertulis Penerangan Koarmada III yang diterima di Jakarta, Rabu, menjelaskan latihan tempur itu bertujuan mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme prajurit, kemudian mengukur kesiapan dan kemampuan tempur pasukan dan alutsista yang berada di bawah kendali Koarmada III.

“Dengan begitu, para prajurit dapat meningkatkan kerja sama taktis antara unsur-unsur Koarmada III dalam melaksanakan aksi tempur laut,” kata Pangkoarmada III dalam siaran tertulisnya.
 
Prajurit Komando Armada III TNI Angkatan Laut mengikuti Latihan Operasi Pertahanan Pantai dan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Kapal TK.III/L3 Tahun 2023 di Papua Barat, Rabu (24/5/2023). ANTARA/HO-Dinas Penerangan Koarmada III



Beberapa materi latihan yang diberikan kepada prajurit selama Latihan Operasi Pertahanan Pantai dan Glagaspur Kapal TK.III/L3 Tahun 2023, yaitu kemampuan peperangan laut yang mencakup peperangan elektronika, antikapal permukaan, antikapal selam, antiserangan udara, peperangan ranjau, dan operasi pertahanan pantai.

Latihan operasi pertahanan pantai digelar di Pantai Saoka, Tanjung Batu, Papua Barat Daya. Di pesisir Saoka, Laksda Jayadi menguji kemampuan meriam Howitzer untuk menghalau musuh yang mencoba masuk ke wilayah NKRI dari area pantai.
 
Prajurit Komando Armada III TNI Angkatan Laut bersiap-siap menembak menggunakan meriam saat Latihan Operasi Pertahanan Pantai dan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Kapal TK.III/L3 Tahun 2023 di Papua Barat, Rabu (24/5/2023). ANTARA/HO-Dinas Penerangan Koarmada III



Pangkoarmada III Laksda TNI Rachmad Jayadi, yang baru resmi menjabat minggu lalu (19/5), menjelaskan latihan operasi pertahanan pantai dan glagaspur itu merupakan tindak lanjut dari perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali yang meminta jajarannya menyiapkan prajurit TNI AL yang siap tempur dan profesional dalam menghadapi segala ancaman.

“Koarmada III selalu siap mempertanggungjawabkan apa yang sudah diamanatkan oleh rakyat kepada TNI yaitu untuk selalu siap sedia mempertahankan setiap jengkal wilayah NKRI dari setiap ancaman yang bersifat militer, baik dari dalam maupun dari luar,” kata Panglima Komando Armada III.

Baca juga: Kasal: Realisasi MEF Marinir 60 persen, beberapa ranpur diganti
Baca juga: Laksda Edwin resmi jabat Pangkolinlamil, Kasal harap ada gebrakan
Baca juga: Kasal: Kampung Bahari Nusantara dukung visi Indonesia Emas 2045

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023