Jakarta (ANTARA) - PT Pos Indonesia (Persero) sebagai BUMN yang bergerak di sektor logistik memberikan solusi layanan pengiriman untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dibina oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) lewat program "UMKM Level Up" 2023.

Dalam program yang mendorong UMKM untuk mengadopsi teknologi digital dan mendapatkan inkubasi bisnis tersebut, Pos Indonesia dipercaya menjadi mitra untuk pengiriman produk bagi para UMKM baik di pasar nasional hingga global.

"Peran PT Pos Indonesia dalam program pembinaan UMKM oleh Kemenkominfo tersebut itu membantu solusi logistik untuk para pelaku UMKM. Kita bantu mulai dari pengiriman baik di level domestik hingga internasional menggunakan layanan Pos Aja," ujar Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Siti Choiriana saat dihubungi ANTARA, Rabu.

Wanita yang akrab disapa Ana itu mengatakan pemberian insentif berupa potongan harga pengiriman menjadi salah satu solusi yang ditawarkan bagi 20.000 UMKM yang mengikuti pembinaan adopsi teknologi digital dari Kemenkominfo.

Lalu untuk UMKM yang tertarik menyasar pasar global, Pos Indonesia akan memberikan pendampingan agar produknya memiliki kualitas dan bisa bersaing dengan pemain lainnya.

Baca juga: UMKM Level Up 2023 dorong adopsi teknologi digital dan inkubasi bisnis

Agar memudahkan UMKM tersebut lebih cepat mengadopsi layanan digital, Pos Indonesia juga mengajak para UMKM tersebut bisa memanfaatkan aplikasi daring besutannya yaitu Pos Aja.

Selain memberikan dukungan bantuan pengiriman, Pos Indonesia juga dipercaya untuk memberikan layanan berupa fasilitas gudang atau warehouse bernama Stori bagi UMKM binaan Kemenkominfo tersebut.

Gudang tersebut akan menjadi solusi bagi para UMKM yang selama ini kesulitan karena tidak memiliki gudang.

"Ketika mereka menggunakan layanan warehouse dari Pos Indonesia, kita pastikan produknya aman dan kualitasnya tetap terjaga. Ini juga memudahkan UMKM untuk melakukan pengiriman ketika ada pesanan karena langsung dikirim dari gudang kita," kata Ana.

Sebelumnya, Kemenkominfo meluncurkan program "UMKM Level Up" 2023 sebagai salah satu program tahunan yang mendorong UMKM di Indonesia bisa lebih cepat naik kelas dengan pemanfaatan teknologi digital.

Khusus 2023, ada sebanyak 20.000 pelaku UMKM yang bisa mendapatkan pelatihan dari Kemenkominfo untuk mengadopsi teknologi digital dan juga 100 UMKM terpilih berkesempatan mendapatkan inkubasi bisnis sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca juga: PT Pos menyediakan perangko khusus dan promo ongkos kirim di KTT ASEAN

Baca juga: Pos Indonesia genjot distribusi UMKM lewat layanan warehouse

Baca juga: Pos Indonesia siap salurkan bansos beras kepada 13 juta keluarga

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023