Madiun (ANTARA) - Perwakilan Taiwan di Surabaya atau Taipei Economic and Trade Office in Surabaya (TETOS) menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur.

Adapun penjajakan kerja sama tersebut dilakukan melalui kegiatan audiensi Director General TETO Surabaya Isaac C. Chiu dengan Wali Kota Madiun Maidi di Balai Kota Madiun (24/5/2023).

"Kami sangat menyambut baik kedatangan TETO Surabaya di Madiun Kota Pendekar. Kerja sama terus dikembangkan oleh Pemerintah Kota Madiun agar pembangunan semakin merata," ujar Wali Kota Maidi dalam keterangan di Madiun, Kamis.

Dalam kesempatan audiensi itu, Wali Kota menyampaikan kerja sama dengan berbagai pihak telah dilakukan Kota Madiun. Baru-baru ini, dengan luar negeri, Kota Madiun juga melakukan kerja sama dengan Negara Cekoslowakia serta menjajaki dengan Rumania.

"Kota Madiun menjalin hubungan kerja sama untuk budaya dan peningkatan pendidikan dengan Kota Plzen, Ceko," katanya.

Untuk itu, Maidi berharap kedatangan Director General TETO Surabaya bisa membuka peluang kerja sama yang lebih luas. Utamanya dengan Taiwan.

Seperti diketahui, Taiwan saat ini semakin diminati sebagai destinasi studi bagi para pelajar dari Indonesia. Tidak hanya karena majunya riset dan kualitas pendidikannya, Taiwan juga diminati karena para mahasiswa dapat sekaligus belajar budaya dan bahasa Mandarin.

Terdapat sejumlah aspek yang menjadi acuan TETO Surabaya dalam menjalankan kebijakannya selaku perwakilan Taiwan di Surabaya.

Program itu yakni, pertukaran talenta, promosi pariwisata Taiwan, promosi kerja sama bilateral dalam aspek ekonomi dan perdagangan, serta mendirikan Asosiasi Purna TKI Jawa Timur dan Asosiasi Teman Taiwan (Friends of Taiwan).

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023