Ottawa (ANTARA) - OTTAWA, 24 Mei (Xinhua) -- Pemerintah federal Kanada akan mendirikan sebuah lembaga independen pada akhir tahun ini untuk melindungi pasokan air tawar negara itu, demikian disampaikan kantor perdana menteri Kanada pada Rabu (24/5).

Lembaga federal baru tersebut, yaitu Canada Water Agency, akan berlokasi di Winnipeg, Manitoba, dan undang-undang akan diperkenalkan pada akhir 2023 untuk menetapkannya di bawah menteri lingkungan dan perubahan iklim, menurut rilis berita yang dipublikasikan di situs web resmi perdana menteri Kanada.

Canada Water Agency akan bekerja sama dengan provinsi, teritori, warga pribumi, otoritas lokal, ilmuwan, dan mitra-mitra lainnya untuk menemukan cara terbaik menjaga air tetap aman, bersih, dan dikelola dengan baik bagi semua orang, papar rilis tersebut, seraya menambahkan bahwa detail selengkapnya tentang mandat dan prioritas lembaga itu akan segera disampaikan.

Salah satu prioritas pertama lembaga tersebut adalah memulai pekerjaan memodernisasi Undang-Undang Air Kanada untuk mencerminkan realitas perubahan air tawar di Kanada, termasuk dampak perubahan iklim dan pentingnya hak-hak warga pribumi.

Canada Water Agency juga akan memimpin pelaksanaan elemen-elemen utama dari Rencana Aksi Air Tawar (Freshwater Action Plan) yang akan mendukung langkah-langkah spesifik secara regional untuk lebih melindungi cadangan air tawar Kanada di seluruh negeri, dari Danau Winnipeg ke Sungai St. Lawrence dan Great Lakes hingga Sungai Mackenzie, urai rilis itu. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023