Jakarta (ANTARA/JACX) – Kasus korupsi menara BTS 4G yang melibatkan mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate menjadi perbincangan warganet pada pekan ketiga Mei 2023.

Kejagung telah menetapkan tujuh tersangka dalam kasus tersebut hingga Rabu (24/5).

Namun, sebuah unggahan YouTube, pada Senin (22/5), menarasikan Jusuf Kalla sebagai tersangka kasus korupsi BTS 4G.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“GEGER MALAM INI || JUSUF KALLA TERBUKTI SEKONGKOL DGN JHONNY G PLATE ??”

Namun, benarkah Jusuf Kalla ditetapkan sebagai tersangka baru kasus korupsi BTS 4G?

Unggahan video hoaks yang menyatakan Jusuf Kalla resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi BTS 4G. Faktanya, hingga saat ini, Kejagung baru menetapkan tujuh tersangka dan tidak ada nama Jusuf Kalla dalam daftar tersangka tersebut. (YouTube)
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran Tim JACX, foto Jusuf Kalla yang terdapat dallam thumbnail video tersebut merupakan hasil rekayasa digital. Foto tersebut serupa dengan foto dalam berita ANTARA berjudul “Rizieq Shihab ditahan”.

Tapi dalam foto asli ANTARA, tidak ada sosok Jusuf Kalla. Foto itu merupakan peristiwa penangkapan Rizieq Shihab pada 2020 terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19.

Selain itu, narator unggahan di YouTube membacakan berita dari Tempo berjudul “Jusuf Kalla Sentil Jokowi: Setahun Bayar Utang dan Bunga Sampai Seribu Triliun, Terbesar Sejak Merdeka”.

Hanya saja, foto maupun narasi dalam unggahan itu justru tidak menyatakan Jusuf Kalla sebagai tersangka kasus korupsi BTS 4G sebagaimana disebut dalam judul.

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung Ri telah menetapkan tujuh tersangka perkara dugaan tindak pidana korupsi penyediaan infrastruktur Base Tranceiver Station (BTS) dan infrastruktur pendukung Kominfo periode 2020-2022.

Klaim: Jusuf Kalla ditetapkan tersangka korupsi BTS pada 24 Mei
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Heru Budi tersangka korupsi ratusan triliun

Cek fakta: Hoaks! Anies Baswedan resmi tersangka tunggal Formula E

Baca juga: Plt. Menkominfo minta pegawai tak terdistraksi pengusutan kasus BTS

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023