Bandarlampung (ANTARA) - Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana melepas keberangkatan jamaah calon haji dari daerah itu ke Tanah Suci, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. 

"Dengan mengucap bismillahir-rahmanir-rahim, JCH (Jamaah Calon Haji) Bandarlampung 2023 resmi saya lepas," katanya di Masjid Al-Furqon Bandarlampung di Bandarlampung, Kamis.

Ia berharap, JCH asal Bandarlampung dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar serta sehat saat kembali ke Tanah Air, khususnya Bandarlampung.

"Saya berharap semua kembali dengan selamat dan mudah-mudahan menjadi haji yang mabrur. Kemudian para JCH juga bisa saling menjaga di sana," kata dia.

Baca juga: Jenazah calon haji asal Demak akan dimakamkan di Baqi Madinah

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandarlampung Makmur mengatakan secara keseluruhan anggota JCH berasal dari daerah setempat pada tahun ini berjumlah 1.361 orang.

"Sampai saat ini jumlah jamaah haji Bandarlampung 1.361 (orang, red.). Insyaallah dalam keadaan sehat dan siap berangkat. Namun jumlah tersebut bisa berkurang jika ada yang sakit dan bisa bertambah bila ada mutasi," kata dia.

Ia mengatakan keberangkatan kelompok terbang 1 JCH Bandarlampung pada Sabtu (27/5).

"Jamaah calon haji di Bandarlampung akan dibagi menjadi lima kelompok terbang (kloter) dan pada tahun ini jamaah haji terbanyak berasal dari Kecamatan Way Halim 131 orang," katanya.

Sebelumnya diberitakan, kloter 1 JCH Bandarlampung berangkat pada Sabtu (27/5) dengan jumlah sekitar 385 orang.

Baca juga: Hari kedua kedatangan, 5.858 peserta tiba di AMAA Madinah
Baca juga: Kemenkes siagakan tim kesehatan di dua bandara Arab Saudi
Baca juga: 2 calon haji Embarkasi Batam jalani perawatan di RSBP

 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023