Pesisir Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat, Provinsi Lampung menyatakan persiapan kejuaraan World Surf League (WSL) Krui Pro 2023 yang akan digelar pada 12 hingga 18 Juni telah mencapai 85 hingga 90 persen.

"Kesiapan WSL Krui Pro sudah hampir 85 hingga 90 persen, saat ini kami sedang melakukan penataan-penataan fasilitas pendukungnya," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesisir Barat Suryadi di Krui, Kamis.

Ia mengatakan, sampai saat ini tidak ada kendala berarti dalam persiapan menjelang WSL. Bahkan untuk jaringan telekomunikasi serta kelistrikan di lokasi pun telah disiapkan dengan baik oleh Telkomsel dan PLN.

"Untuk kelistrikan dan jaringan, semua sudah koordinasi dan mereka siap menambah daya," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat I Nyoman Setiawan mengatakan sebanyak 291 peserta telah mendaftar pada kejuaraan selancar internasional Krui Pro QS5000 2023.

Baca juga: 215 peselancar telah daftar kejuaraan dunia Surfing Krui Pro 2023

"Per 20 Mei, sudah ada 291 peserta yang mendaftar, dan tinggal women yang masih menerima pendaftaran, untuk kelas lain sudah tutup," kata Nyoman.

Dia juga mengatakan, kejuaraan tidak hanya diikuti peserta dari dalam negeri tetapi sejumlah peserta dari negara lain juga ikut berpartisipasi pada kejuaraan tahun ini.

"Kami bersyukur dalam kejuaraan Krui Pro 2023 ini partisipasi peserta dari negara lain cukup besar," kata dia.

Ia mengatakan sampai 11 Mei, tercatat 11 negara yang sudah mendaftar untuk mengikuti kejuaraan selancar tersebut.

"Asal negara peserta WSL (World Surfing League/Liga Selancar Dunia) itu yakni Australia, Jepang, Italia, Afrika Selatan, Brasil, Peru, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Spanyol, dan Indonesia sebagai tuan rumah," katanya pula.

Menurutnya, kejuaraan tersebut pada awalnya hanya ditargetkan diikuti 200 peselancar, namun hingga saat ini sudah ada 291 peserta baik mancanegara maupun domestik yang mendaftar untuk kejuaraan internasional itu.

"Target kami pada tahun ini hanya 200 peserta, namun sampai saat ini sudah ada 291 peselancar yang mendaftar," ujarnya lagi.

Baca juga: Selancar Internasional puji kesiapan Bali sebagai tuan rumah AWBG 2023
Baca juga: Rio Waida terhenti di 16 besar dalam penampilan perdananya di CT

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023