Jakarta (ANTARA) - Corporate Affair Director Circle K Indonesia Gunawan Indro Baskoro berharap lomba lari bertajuk Circle K Sunset Run Bali 2023 di Pantai Mentasari, Denpasar pada 1 Juli dapat meningkatkan akselerasi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata melalui olahraga.

"Dengan latar belakang kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga bagi kesehatan, kami membuat terobosan dengan membuat event lari yang berbeda. Kami juga ingin mendukung gerakan pemerintah," kata Corporate Affair Director Circle K Indonesia, Gunawan Indro Baskoro dalam konferensi pers di Verse Luxe Hotel, Jakarta, Kamis.

Berbeda dengan tiga edisi sebelumnya, kata Gunawan, tahun ini perlombaan akan berlangsung pada sore hari, menjelang matahari terbenam (sunset).

Sunset Run Bali 2023 juga menjadi ajang berkumpulnya pencinta olahraga lari dari berbagai kalangan.

Tujuannya lainnya adalah mempromosikan gaya hidup sehat serta mengambil bagian dalam kegiatan yang menyenangkan dan inovatif, serta mengajak orang untuk berpesta bersama merayakan sehatnya berlari di alam Bali yang indah.

Race Director CK Sunset Run Bali 2023 Riena Tambunan mengatakan Bali kembali dipilih menjadi lokasi perlombaan karena merupakan destinasi wisata terkenal di Indonesia dan dunia dengan pemandangan yang luar biasa dan masyarakat yang sangat sportif dan kooperatif.

"Lalu untuk Pantai Mertasari dipilih menjadi lokasi karena memiliki jalanan yang lebar, pantai yang airnya dangkal dan aman untuk keluarga serta anak-anak, memiliki tempat parkir yang cukup luas, area yang eksklusif dan mudah diakses oleh publik," ujar Riena.

Baca juga: DKI gelar Half Marathon peringati HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Sunset Run Bali 2023 menargetkan lebih dari 3.000 peserta dan target pengunjung hingga 6.000 orang. Terdapat dua kategori lomba yakni 5K dan lari 10K, dengan sasaran peserta adalah komunitas lari, eksekutif muda dan karyawan, mahasiswa, mantan atlet, keluarga dengan anak, dan turis.

Ajang ini, lanjut Riena, diharapkan menjadi motivasi bagi para pelari untuk lebih meningkatkan prestasi, sehingga dapat menjadi pelari profesional dan dapat mengikuti kompetisi-kompetisi di skala yang lebih besar.

Pendaftaran sudah dibuka sejak 22 Mei hingga 5 Juni dengan biaya Rp300.000 untuk kategori 5K dan Rp350.000 untuk 10K.

Total hadiah bagi pemenang dan doorprize pada penyelenggaraan Sunset Run Bali 2023 sebesar Rp100 juta rupiah. Para peserta akan mendapatkan racepack berupa t-shirt, bib number, timing, dan race bag.

Posisi 1, 2, dan 3 akan mendapatkan finisher medal, podium medal, dan uang tunai untuk masing-masing kategori.

Selain mendukung gerakan pemerintah dalam industri pariwisata melalui kreasi kegiatan olahraga, Circle K juga mendukung program pemerintah dalam hal pelestarian alam guna pencegahan erosi, khususnya kawasan tepi pantai, dengan mengadakan charity program pada 2 Juli di Taman Inspirasi, Pantai Mertasari, yaitu penanaman 1.000 bibit bakau yang berkolaborasi dengan Soetantyo Foundation.

Charity program penanaman bibit bakau ini bekerja sama dengan desa adat di Bali. Selain itu juga tema 'Bijak Berplastik' bekerja sama dengan Danone Aqua.

Bijak Berplastik juga menyediakan tempat-tempat sampah tiga kategori (sampah organik, sampah non-organik, dan sampah bahan berbahaya) di berbagai tempat di sekitar area perlombaan, bekerja sama dengan masyarakat adat Intaran, Bali.

Baca juga: ASICS hadirkan sepatu lari dengan mayoritas material daur ulang
Baca juga: Yang perlu dipersiapkan untuk ikuti lari maraton

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023