Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman menjadikan kegiatan promosi seni budaya Indonesia sebagai salah satu prioritas dalam menjalankan tugas.

Ketika membuka malam budaya “An Evening of Indonesian Music and Dance” di Auditorium Siam Society, Bangkok, pada Rabu (24/5), Rachmat menegaskan upayanya untuk terus meningkatkan pemahaman dan pengertian masyarakat Thailand tentang Indonesia.

“Pengertian tersebut akan membawa masyarakat kedua bangsa untuk dapat berkomunikasi dengan lebih mudah, sehingga pada akhirnya akan memperkuat kerja sama kedua negara tidak hanya di tingkat bilateral melainkan juga di tingkat regional atau kawasan,” kata Rachmat seperti disampaikan dalam keterangan tertulis KBRI Bangkok, Kamis.

Melalui kegiatan malam budaya itu, penonton Thailand seakan diajak berkelana berkeliling mulai dari Aceh, Jawa, hingga Bali.

Tari Pendet didaulat sebagai tari pembuka pada malam budaya tersebut, yang kemudian dilanjutkan dengan permainan Gamelan Jawa membawakan lagu dari daerah Jawa Tengah yaitu Ladrang Ayun-ayun, Ayun-Ayun Tanjung Gunung, dan Srepegan.

Kombinasi permainan saron, bonang, gong, dan kempul serta alat gamelan lain yang apik dan selaras turut menghidupkan suasana malam budaya Indonesia.

Penampilan selanjutnya adalah Tari Merak Subal, yang dilanjutkan dengan Tari Kelana Sewandana, dan ditutup oleh gerak tari rancak dan dinamis melalui Tari Ratoh Jaroe.

Penonton diajak untuk bersama-sama memainkan angklung sekaligus menikmati permainan alat musik tradisional dari bambu tersebut oleh para siswa-siswi Sekolah Indonesia Bangkok.

(ANTARA/HO-KBRI Bangkok)

Lagu dari Indonesia Timur berjudul Rasa Sayange, I Have a Dream, serta lagu bergenre pop dari Thailand berjudul Sabai-Sabai menarik antusiasme dan decak kagum penonton hingga berdendang bersama.

Malam itu, lebih dari 120 orang penonton memadati Auditorium Siam Society. Suara riuh tepuk tangan kerap terdengar pada setiap pertunjukan hingga selesai acara yang berdurasi total 90 menit. Mayoritas penonton yang hadir adalah pencinta dan pemerhati seni budaya di Thailand, dosen, mahasiswa, serta jurnalis.

Selain promosi seni dan budaya, KBRI Bangkok juga menyisipkan promosi kuliner tradisional Indonesia berupa sajian Kue Pastel dan Bika Ambon serta pemutaran video daerah tujuan  wisata prioritas Indonesia.

Pertunjukan “An Evening of Indonesian Music and Dance” dinilai sebagai salah satu media promosi yang efektif bagi masyarakat Thailand untuk dapat merasakan dan menikmati keindahan seni dan budaya Indonesia secara lebih dekat, terutama pasca pandemi COVID-19.

Kegiatan tersebut digagas melalui kerja sama Perwakilan Indonesia di Thailand dengan Siam Society, sebuah organisasi budaya Thailand bertaraf internasional yang bertujuan untuk mempromosikan studi atau pengetahuan tentang budaya, sejarah, seni, dan konversi warisan budaya Thailand serta negara tetangga di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga: Dubes RI dan Gubernur Bangkok bahas penguatan kerja sama kota kembar
Baca juga: Dubes RI serahkan surat kepercayaan kepada Raja Thailand
Baca juga: Dubes Rachmat majukan budaya perkuat hubungan Indonesia-Thailand


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023