Masih negosiasi dengan masyarakat untuk mencari titik temu harganya berapa.
Pekanbaru, (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Provinsi Riau menyampaikan pembebasan lahan untuk jalan lingkar penghubung Gerbang Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 13,5 kilometer sebanyak 921 persil masih tahap negosiasi harga dengan pemiliknya.

"Masih negosiasi dengan masyarakat untuk mencari titik temu harganya berapa," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Kamis.

Ia menyampaikan, dalam tahap negosiasi pemerintah kota memberikan penjelasan kepada pemilik lahan terkait besaran ganti rugi. Nilai yang sesuai dengan hasil penafsiran harga yang dilakukan tim "appraisal".

Agar pembebasan lahan bisa digesa, kata Indra, pemerintah kota akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan pemilik lahan. "Batas harganya kira-kira sekian, tapi nanti tetap dibicarakan dengan masyarakat. Pengalaman masyarakat jual di situ, nanti akan disepakati," ujarnya lagi.

Namun begitu diharapkannya proses musyawarah selesai di akhir Mei ini. Pasalnya pada awal Juni nanti, pembangunan jalan sudah dimulai oleh PT Hutama Karya (HK).

Jalan lingkar dari Gerbang Tol Pekanbaru-Dumai, kata dia lagi, akan melintasi lima kelurahan di Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Barat. Kelima Kelurahan itu, antara lain Sri Meranti, Agrowisata, Rumbai Bukit, Palas, dan Muara Fajar Timur.

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 32 km merupakan salah satu seksi untuk Tol Pekanbaru-Padang yang sudah dioperasikan tahun 2022 lalu.

Namun sampai saat ini hanya seksi yang di Provinsi Riau saja yang hampir selesai seperti pada seksi Bangkinang-Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Akibatnya belakangan muncul seksi Bangkinang-Koto Kampar yang dipercepat karena pembangunannya tidak terkendala. Pada seksi sepanjang 24 km tersebut dikatakan telah rampung 73 persen dan direncanakan bisa beroperasi tahun 2023 ini.

Jika seksi Bangkinang-Koto Kampar telah selesai, maka dari Pekanbaru menuju lokasi dekat Candi Muara Takus itu hanya 1,5 jam. Dengan adanya jalan lingkar antargerbang tol di Pekanbaru, dari Dumai pengendara juga bisa langsung menuju Koto Kampar.
Baca juga: Hutama Karya upayakan Tol Seksi Padang-Sicincin rampung 2024
Baca juga: Hutama Karya siapkan area rehat di Tol Padang-Sicincin

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023