Pekanbaru (ANTARA) - CEO Rumah Sakit Awal Bros Group Arfan Awaloeddin Pekanbaru menyerahkan zakat mal sebesar Rp750 juta kepada Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau Masriadi Hasan yang disaksikan Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto.

"Zakat yang disalurkan merupakan bagian dari menunaikan kewajiban sebagai umat Muslim yang diberikan kepada yang berhak. Semoga yang kita lakukan hari ini membawa keberkahan bagi semua," kata Arfan Awaloeddin di Pekanbaru, Rabu.

Arfan mengaku sangat mendukung berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Riau untuk kemajuan bumi Lancang Kuning termasuk dukungan terhadap bidang kesehatan.

Baca juga: Pemkot Tangerang serahkan dana zakat Rp3,4 miliar ke Baznas

Zakat mal ini wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim yang memiliki harta melebihi nisab (batas minimal) dan telah mencapai haul (masa kepemilikan) selama satu tahun hijriyah.

Zakat mal berlaku untuk harta-harta seperti emas, perak, uang, ternak, hasil pertanian, perdagangan, profesi, pertambangan, dan lain-lain. Besaran zakat mal bervariasi tergantung jenis hartanya mulai dari 2,5 persen hingga 20 persen.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemerintah Provinsi Riau dan kami siap mendukung di bidang kesehatan dalam melayani masyarakat," katanya.

Baca juga: Baznas Kepri targetkan penerimaan ZIS selama Ramadhan Rp1,4 miliar

Ketua Baznas Provinsi Riau Masriadi Hasan mengatakan bahwa RS Awal Bros telah dua kali berturut-turut menyerahkan zakat kepada Baznas Provinsi Riau. Adapun jumlah zakat tahun lalu sebesar Rp750 juta.

"Alhamdulillah tahun ini RS Awal Bros kembali menyerahkan zakat dengan jumlah Rp750 juta. Ini adalah rasa tanggung jawab keluarga besar RS Awal Bros terhadap masyarakat sekitar," katanya.

Menurut dia, zakat yang diberikan akan mendapatkan keberkahan, sebab dengan membantu orang lain akan membawa kebaikan bagi yang memberikan bantuan.

"Semoga zakat yang diserahkan ini membawa berkah bagi kita semua," kata Masriadi.

Baca juga: Pj Wali Kota Jambi ajak pejabat dan ASN bayar zakat melalui Baznas

Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto berharap zakat yang disalurkan oleh RS Awal Bros membawa manfaat bagi masyarakat penerima. Ia juga berpesan kepada Baznas Provinsi Riau agar disalurkan kepada yang berhak menerima.

"Semoga membawa manfaat bagi masyarakat di Bumi Lancang Kuning dan diberikan kepada yang berhak menerimanya," ujar dia.

Pewarta: Frislidia
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024