selanjutnya, BPK segera menyelesaikan penyusunan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang akan disampaikan kepada DPR, DPD dan Presiden
Jakarta (ANTARA) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah menyelesaikan seluruh tahapan pelaksanaan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2022.

“Untuk tahapan selanjutnya, BPK segera menyelesaikan penyusunan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang akan disampaikan kepada DPR, DPD dan Presiden. LHP tersebut akan memuat opini BPK atas LKPP Tahun 2022,” kata Ketua BPK Isma Yatun dalam pertemuan akhir atas pemeriksaan LKPP di Auditorium Kantor Pusat BPK Jakarta dikutip dari laman resmi BPK di Jakarta, Kamis.

Opini tersebut diberikan setelah mempertimbangkan empat hal, yakni kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, efektivitas sistem pengendalian intern (SPI) dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kegiatan exit meeting pemeriksaan atas LKPP tahun 2022 dihadiri oleh para Pimpinan BPK, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta menteri dan pimpinan lembaga yang hadir secara fisik maupun daring.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota II BPK Daniel Lumban Tobing menyampaikan pertemuan akhir (exit meeting) pemeriksaan atas LKPP merupakan bagian akhir dari keseluruhan proses pemeriksaan LKPP yang didukung dengan pemeriksaan atas 82 Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN) Tahun 2022.

Baca juga: Menkeu: Pemeriksaan BPK upaya tingkatkan pengelolaan keuangan negara

Bagian lainnya termasuk juga pemeriksaan pada tingkat Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Bendahara Umum Negara (BUN) dan badan usaha operator.

“Saya mengapresiasi seluruh tim pemeriksa LKPP, LKKL, dan LKBUN tahun 2022 yang telah menyelesaikan pemeriksaan yang sangat kompleks sesuai jadwal yang telah disepakati bersama oleh BPK dan Pemerintah,” ucapnya.

Lebih lanjut, penyelesaian pemeriksaan yang dilakukan BPK disebut tetap menjaga kualitas proses dan hasil pemeriksaan serta nilai-nilai dasar BPK, yakni independensi, integritas dan profesionalisme.

“Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Keuangan selaku Wakil Pemerintah, para menteri/pimpinan lembaga beserta seluruh jajarannya yang telah menunjukkan komitmennya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pemeriksaan BPK, baik pada tingkat LKKL dan LKBUN maupun LKPP," ungkap Daniel.

Baca juga: BPK temukan permasalahan dalam laporan keuangan OJK dan LPS tahun 2022

Baca juga: OJK raih opini WTP untuk Laporan Keuangan 2022


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023