Saya ingin misalnya ada pengacara dari Bali yang berkelas nasional. Jadi generasi muda Bali jangan takut merantau
Denpasar (ANTARA) -  Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Made Mangku Pastika memotivasi generasi muda Bali agar berani tampil dan berkiprah di kancah nasional.

"Saya ingin misalnya ada pengacara dari Bali yang berkelas nasional. Jadi generasi muda Bali jangan takut merantau," kata Made Mangku Pastika dalam kegiatan kunjungan ke Daerah Pemilihan (Dapil) di Denpasar, Kamis.

Dalam kesempatan itu ia menerima audiensi dari panitia seminar nasional Warmadewa Moot Court Community (WMCC) yang mengangkat tema "Eksistensi Pengembangan Pariwisata Nasional dalam Perspektif Ipoleksosbudhankam: Tantangan dan Solusinya," dan akan menghadirkan tokoh nasional seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan sejumlah tokoh Bali. 

Mantan Gubernur Bali dua periode itu berpandangan generasi muda Bali harus berani mengikuti jejak para tokoh nasional yang hebat-hebat.

Pastika berharap mahasiswa melalui agenda-agenda penting yang dilaksanakan akan meningkatkan pengetahuan dan wawasannya sehingga setelah tamat bisa eksis sesuai bidang yang ditekuni.

Baca juga: Mangku Pastika minta generasi muda Bali jangan membeo

"Apalagi yang hadir ini mahasiswa Fakultas Hukum yang ke depannya potensial menjadi leader, lawyer terkenal. Kalau mau sukses (kaya) jadilah pengacara. Banyak lawyer seperti Hotman Paris, Otto Hasibuan, dan lain sebagainya yang sukses," kata mantan Kapolda Bali ini.

Namun, kata Pastika, selama ini pengacara-pengacara yang terkenal di Bali justru bukan orang Bali.

Mengenai tema seminar, ia menilai sangat bagus dilihat dari sisi posisi demografi maupun geografinya. Posisi Pulau Bali di tengah Indonesia sehingga sangat nyaman dan mudah dikunjungi, penduduknya juga dikenal ramah.

"Tetapi pariwisata itu sangat terkait dengan citra dan opini. Kalau opininya bagus, banyak yang datang atau bisa terjadi sebaliknya. Ini yang harus diperhatikan, termasuk peran pers dalam hal pencitraan," ujarnya.

Made Mangku Pastika berpandangan perguruan tinggi harus mendidik mahasiswa untuk menjadi pemikir dan bukan hanya jago menghafal.

Baca juga: Anggota DPD minta alumni SMA Bali Mandara berkontribusi bagi negara



 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023