Beijing (ANTARA) - Otoritas China merilis pedoman untuk mendukung pembangunan jaringan air nasional di tengah upaya negara itu untuk meningkatkan kapabilitas menjaga keamanan air.

Dokumen menyeluruh tersebut, yang dirilis bersama oleh Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) dan Dewan Negara, memandu pekerjaan negara dalam pembangunan jaringan air nasional selama periode 2021-2035.

Pada 2025, China akan mengembangkan sejumlah proyek besar terkait jaringan air nasional serta memperkuat upaya untuk mendukung mata rantai yang lemah dalam alokasi sumber daya air, pasokan air perkotaan dan pedesaan, pengendalian banjir dan drainase, perlindungan ekologi air, serta jaringan air pintar, bunyi pedoman itu.

Tingkat kecerdasan proyek jaringan air akan meningkat, dan kapasitas negara untuk menjamin keamanan airnya juga akan ditingkatkan saat itu, seperti apa yang tertulis dalam pedoman tersebut.

Tujuan jangka panjang yang diperpanjang hingga 2035 termasuk melihat terbentuknya jaringan air nasional, menciptakan jaringan air di tingkat provinsi, kota, dan wilayah, serta mendorong sistem keamanan air nasional yang memenuhi syarat untuk mewujudkan modernisasi sosialis, tulis dalam pedoman itu.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023