Jakarta (ANTARA) - Perusahaan ban Hankook Tire & Technology (Hankook Tire) membukukan laba operasional sebesar 190,9 miliar won Korea Selatan atau setara dengan Rp2,15 triliun pada triwulan I-2023, tumbuh 51,5 persen dari periode sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat, President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin mengungkapkan laba operasional tersebut didapat dari penjualan yang mencapai 2,14 triliun won Korea Selatan atau setara dengan Rp23,73 triliun, tumbuh 17,5 persen (yoy).

Berdasarkan strategi brand premium yang mencakup peningkatan proporsi produk bernilai tinggi dan mengamankan penjualan ban secara eksklusif untuk kendaraan listrik, penjualan dan laba operasional Hankook Tire mengalami peningkatan walaupun dalam kondisi bisnis yang sulit, seperti adanya penurunan ekonomi global, ketatnya persaingan dan masih banyak lagi.

Pencapaian tersebut, kata dia, ditopang oleh adanya peningkatan ban original equipment (OE), dengan stabilisasi pasokan semikonduktur dan peningkatan penjualan ban pengganti secara global terutama di kawasan Eropa.

Hankook Tire telah berkembang pesat di pasar kendaraan listrik global dengan mempelopori teknologi dan strategi yang disesuaikan untuk kendaraan listrik jauh sebelum komersialisasi kendaraan listrik meluas.

Perusahaan kini memimpin pasar, meningkatkan proporsi target ban kendaraan listrik menjadi sekitar 20 persen tahun ini dari pasokan ban mobil penumpang dan truk OE, yang tercatat lima persen pada tahun 2021 dan 11 persen pada tahun 2022.

Pada kuartal pertama, Yoonsoo menuturkan Hankook Tire mempertahankan kemajuan yang stabil dengan menyediakan ban premium untuk kendaraan listrik, termasuk kendaraan utilitas sport (sport utility vehicle/SUV) listrik C11 milik perusahaan rintisan kendaraan listrik China Leapmotor, van mini elektrik Volkswagen bernama ID. Buzz, serta SUV elektrik pertama Toyota yakni bZ4X.

Selain itu, porsi penjualan ban mobil penumpang 18 inci ke atas, yang merupakan produk bernilai tambah tinggi, mencapai 43,5 persen atau naik 4,5 persen (yoy).

Berdasarkan wilayah, terjadi peningkatan sebesar 4,6 persen (yoy) di Korea menjadi 53,9 persen, empat persen (yoy) di Eropa menjadi 31,9 persen, 6,6 persen (yoy) di Amerika Utara menjadi 54,2 persen, dan 7,2 persen (yoy) di China menjadi 56,3 persen, yang menunjukkan adanya pertumbuhan yang konsisten di wilayah global.

Baca juga: Hankook Tire luncurkan ban Ventus S1 evo Z AS X khusus untuk SUV
Baca juga: Hankook Tire pasok ban untuk model SUV produsen mobil listrik China
Baca juga: Hankook Tire catat rekor penjualan tertinggi pada 2022
Baca juga: Lini ban Hankook Tire hadir di Formula E 2023 Jakarta

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023