Madinah (ANTARA) - Jamaah Indonesia sebagian sudah bisa memasuki Raudhah, area di Masjid Nabawi yang berada di antara mimbar dan rumah Rasulullah SAW.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah selesai pengurusan tasrih atau surat izin untuk masuk ke Raudhah bagi beberapa kelompok terbang (kloter) jamaah Indonesia.

Menurut Kepala PPIH Daerah Kerja Madinah Zaenal Muttaqin di Kota Madinah, Arab Saudi, Sabtu (27/5), ada tiga kloter jamaah yang tasrih masuk Raudhahnya sudah keluar, yakni Kloter JKG 1 dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede, Kloter SOC 1 dari Embarkasi Solo, dan Kloter UPG 1 dari Embarkasi Makassar.

Anggota kloter jamaah yang sudah mendapat tasrih secara bertahap memasuki Raudhah untuk shalat dan atau berdoa.

"Alhamdulillah ada jamaah yang tasrihnya sudah keluar, sehingga sudah bisa mulai ke Raudhah," kata Zaenal.

"Alhamdulillah hampir 100 persen tasrihnya dan alhamdulillah juga tidak ada pembatasan usia masuk Raudhah seperti tahun kemarin," ia menambahkan.

Ia mengatakan bahwa PPIH membantu mengurus tasrih jamaah Indonesia untuk masuk ke Raudhah sehingga jamaah tidak perlu mendaftar secara mandiri menggunakan aplikasi Nusuk untuk masuk ke sana.

"Saat tasrihnya sudah keluar, kami koordinasi dengan petugas haji di daker untuk didistribusi ke sektor. Dari sektor, nantinya akan didistribusikan ke masing-masing ketua rombongan untuk membawa jamaah," katanya.

Dia menyampaikan bahwa PPIH mengupayakan tasrih masuk ke Raudhah bagi seluruh anggota jamaah Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang pertama segera keluar agar semua bisa masuk ke Raudhah sebelum meninggalkan Kota Madinah menuju ke Makkah.

"Kami upayakan agar semua jamaah dapat jatah tasrih. Semua nama jamaah akan diajukan ke dalam sistem. Mudah-mudahan keluarnya cepat dan jamaah bisa segera masuk ke dalam Raudhah," katanya.

Ia menambahkan, petugas PPIH sudah memasukkan nama semua anggota jamaah serta tanggal dan waktu masuk Raudhah yang direncanakan berdasarkan kloter.

Jalur masuk ke Raudhah untuk jamaah perempuan dan laki-laki berbeda. Jamaah perempuan menunggu masuk ke Raudhah di pintu masuk Masjid Nabawi nomor 24, sedangkan jamaah laki-laki menunggu di pintu nomor 37.

Raudhah merupakan salah satu tempat yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW menyebut Raudhah​​​​​​​ sebagai taman surga.

Sebagaimana dikutip dalam Hadir Riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda: "Antara rumahku dan mimbarku terdapat taman di antara taman surga."


Baca juga:
Pemasangan tenda jamaah Indonesia di Arafah capai 80 persen
Kemenag protes soal keterlambatan penerbangan Saudia Airlines


 

Pewarta: Nur Istibsaroh
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023