Bengkulu (ANTARA) - Gubernur Rohidin Mersyah menemui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI) Dito Ariotedjo guna membahas persiapan pelaksanaan Tour de Bencoolen 2024 yang rencananya digelar pada April 2024.
 
"Tour de Bencoolen 2024 ini bertepatan dengan 2 abad traktat London. Dan kita ingin, pelaksanaannya berjalan maksimal, oleh sebab itu hari ini berkoordinasi langsung dengan Kemenpora," kata Gubernur Rohidin dalam keterangan resminya di Bengkulu, Sabtu.
 
Traktat London, menurut Rohidin merupakan perjanjian Inggris menyerahkan Bengkulu kepada Belanda, kemudian Belanda menyerahkan Singapura kepada Inggris.

Baca juga: Kalsel gelar "Tour de Loksado" ke-8 untuk tingkatkan wisata
 
Lebih lanjut, hajatan Tour de Bencoolen 2024 tersebut menjadi ajang promosi bagi daerah karena akan melintasi tiga kabupaten kota di Bengkulu dan tentu menyuguhkan bentang alam yang sangat menarik dan memiliki nilai historis dari provinsi yang berjuluk Bumi Raflesia itu.
 
Tour de Bencoolen 2024 merupakan agenda Provinsi Bengkulu memperkenalkan wisata daerah dengan mengemasnya dalam bentuk kegiatan olahraga. Rute lintasan sepeda Tour de Bencoolen 2024 dengan total jarak tempuh 180 kilometer.
 
"Nanti juga, para peserta akan disuguhi beberapa spot wisata, sejarah dan alam pegunungan Bengkulu. Dan juga ditargetkan akan diikuti 1.000 peserta dari berbagai negara," kata Rohidin menegaskan.
 
Tour de Bencoolen 2024 rencananya akan diluncurkan atau "soft launching" pada 2023 dan menurut Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri pada November 2023 nanti juga akan digelar pra-Tour de Bencoolen 2024.
 
"Pra-tour di ikuti peserta lokal guna menjajal sekaligus tes awal rute utama Tour de Bencoolen, yang dimulai dari Kota Bengkulu hingga finis di Kabupaten Kepahiang," katanya.
 
Hamka juga mengajak seluruh masyarakat Bengkulu untuk menyukseskan Tour de Bencoolen 2024 dengan menjadi tuan rumah yang baik bagi para tamu yang hadir, dengan menunjukkan keramahan masyarakat Bengkulu, disamping sarana dan prasarana wisata juga harus dipersiapkan.

Baca juga: Tour de France 2024 akan finis dengan time trial di Monako-Nice

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023