Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia mulai membaik, hujan masih berpeluang terjadi tapi intensitasnya tidak setinggi dua pekan lalu.

Menurut Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono R Prabowo, dalam beberapa hari ini hujan dengan intensitas tinggi diprakirakan hanya terjadi di wilayah pesisir barat Sumatera, Kalimantan Selatan bagian timur, Sulawesi bagian tengah dan Papua bagian selatan.

Saat berbicara dalam seminar tentang konservasi sumber daya air di Jakarta, Kamis, Mulyono menjelaskan intensitas hujan tinggi dalam dua pekan lalu dipengaruhi oleh faktor Median Julian Oscillation (MJO).

Ia mengatakan, MJO di Samudera Hindia sempat aktif dan mengakibatkan pertumbuhan awan susul menyusul yang merambat dari barat ke timur.

"Cuaca dingin yang ekstrem di Eropa, bahkan di Rusia mencapai minus 20-40 derajat Celcius juga memperkuat muson penyebab curah hujan tinggi," katanya.

Ia menambahkan, saat ini pengaruh faktor angin muson tidak lagi terlalu kuat namun hujan diprakirakan masih terjadi sampai awal Maret mendatang.

(D009)

Pewarta: Maryati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013