Poster resmi ini merupakan langkah penuh makna untuk merepresentasikan Brazil dan Piala Dunia baik di dalam negeri penyelenggara maupun ke seluruh dunia,"
Rio de Janeiro (ANTARA News) - Brazil meluncurkan poster resmi Piala Dunia 2014 berwarna cerah dan aliran corak yang mencerminkan kekayaan flora dan fauna negara tersebut dalam sebuah upacara di Rio de Janeiro pada Rabu (30/1) waktu setempat.

Poster hasil desain Crama Agency tersebut, menempatkan peta Brazil di antara dua pemain yang saling memperebutkan bola.

"Poster resmi ini merupakan langkah penuh makna untuk merepresentasikan Brazil dan Piala Dunia baik di dalam negeri penyelenggara maupun ke seluruh dunia," kata mantan pemain tim nasional Brazil, Ronaldo, yang menjadi salah seorang anggota komite lokal penyelenggara Piala Dunia.

"Apa yang ditampilkan sungguh penting untuk menyampaikan pesan bahwa negara ini modern, inovatif, kokoh, makmur, bersatu dan tentunya memiliki semangat besar terhadap sepak bola," kata ia menambahkan.

Poster resmi dipilih dari tiga kandidat yang ditentukan oleh tim juri beranggotakan, Ronaldo, mantan pemain tim nasional Brazil Bebeto, seniman Romero Britto dan Menteri Kebudayaan Brazil Marta Suplicy.

Sebanyak 12 kota penyelenggara telah meluncurkan poster resmi masing-masing pada November 2012 silam, sementara penyelenggara telah memilih seekor trenggiling bernama Fuleco sebagai maskot resmi.

Peluncuran perdana awalnya direncakan digelar pada Senin (28/1), bertepatan 500 hari sebelum laga pembukaan turnamen, namun tertunda akibat musibah kebakaran sebuah klub malam di Santa Maria, yang menewaskan 235 nyawa.

(G006/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013