Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (28/5) menjadi sorotan, mulai dari persiapan Golkar menyusun strategi pemenangan Pemilu 2024 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) sampai adanya dugaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang sistem pemilihan legislatif bocor ke publik.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Golkar bahas strategi pemenangan pemilu di Rakernas

DPP Partai Golkar akan menyiapkan pembahasan strategi pemenangan Pemilu 2024 di rapat kerja nasional (Rakernas) di Jakarta, 4-6 Juni 2023.

"Sesuai amanat anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai, Rakernas setidaknya dua kali dilaksanakan dalam satu periode kepengurusan," kata Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Giring: PSI siap jadi "kuda hitam" di Pemilu 2024

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha mengatakan partainya siap menjadi "kuda hitam" dalam Pemilu 2024 dan menargetkan lolos ke Senayan.

"Kami siap menjadi 'kuda hitam' dalam Pemilu 2024. Mesin politik PSI di pusat dan daerah jauh lebih siap daripada 2019. PSI juga telah mendapat energi baru dengan bergabungnya banyak tokoh keren. Yang terbaru adalah Bro Helmy Yahya dan Inang Irma Hutabarat," kata Giring dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Mahfud MD minta polisi dan MK selidiki kebocoran informasi putusan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD meminta polisi dan Mahkamah Kontitusi (MK) mengusut dugaan kebocoran informasi soal putusan terkait sistem Pemilihan Legislatif (Pileg).

Pasalnya, kata Mahfud lewat akun Twitter resminya @mohmahfudmd, putusan MK yang belum dibacakan masih berstatus sebagai rahasia negara.

Selengkapnya baca di sini.

4. Relawan Jokowi Mania bertransformasi jadi Prabowo Mania 08

Tim relawan pendukung Joko Widodo selama Pemilihan Presiden pada tahun 2014 dan 2019 bernama Jokowi Mania, kini bertransformasi menjadi Prabowo Mania 08 yang mendukung pencapresan Prabowo Subianto di 2024.

Prabowo Mania 08 Kabupaten Bogor dideklarasikan di Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu, dengan dipimpin oleh Ketua Umum DPP Jokowi Mania (kini DPP Prabowo Mania 08) Immanuel Ebenezer.

Selengkapnya baca di sini.

5. Prabowo: Insya Allah, saya akan maju sebagai capres

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengakui bahwa "InSya-Allah" dirinya akan maju sebagai calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024.

Ia menyatakan hal itu saat memberikan sambutan dalam rangkaian peringatan wafatnya atau haul ke-10 pendiri Majelis Rasulullah Habib Munzir Al Musawa, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu.

"Saya ditanya, 'Apa Prabowo nyapres atau tidak?' InSya-Allah kalau yang Maha Kuasa mengizinkan Insya-Allah saya akan nyapres," kata Prabowo di makam Habib Munzir Al Musawa.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023