Palembang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang, Sumatera Selatan, menurunkan tim terbaik memberikan pelayanan kepada calon haji yang dijadwalkan berangkat melalui Bandara SMB II dengan 23 kelompok terbang (kloter) hingga 22 Juni 2023.

"Tim khusus yang didukung 50 personel itu telah teruji melakukan pelayanan terbaik pada pemberangkatan perdana embarkasi haji Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang pada 27 Mei 2023 hingga kloter ketiga hari ini," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, tim yang dibagi menjadi tiga grup dan diketuai oleh Kasi Lantaskim Adep Yoenoes itu diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik hingga pemberangkatan kloter terakhir dan bisa menyiapkan pelayanan kedatangan jamaah haji sesuai jadwal yang ditetapkan.

Baca juga: Kemenkumham Sumsel pastikan calon haji dapat layanan imigrasi terbaik

Tim tersebut menyiapkan skema keberangkatan dan kepulangan 7.012 calon haji asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung itu yang dibagi dalam 23 kelompok terbang (kloter).

"Menghadapi pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 ini tim kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk keberangkatan dan kepulangan jamaah melalui embarkasi dan debarkasi Palembang," ujarnya.

Mengenai mekanisme pemeriksaan paspor calon haji haji, Ridwan menjelaskan bahwa petugas imigrasi sudah tiba di asrama haji Palembang 4-5 jam sebelum keberangkatan untuk melaksanakan pemeriksaan dan peneraan cap keberangkatan di paspor jamaah.

"Dengan mekanisme pemeriksaan itu calon haji ketika menuju ke bandara dari asrama haji dari bus bisa langsung masuk pesawat," katanya.

Baca juga: Gubernur Sumsel ingatkan calon haji tetap terapkan protokol kesehatan

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya memberikan apresiasi kepada tim Imigrasi Palembang yang telah bertugas melayani pemberangkatan calon haji dengan baik sejak Sabtu (27/5).

"Dengan melihat kesiapan tim Imigrasi, saya memastikan calon haji asal Sumsel dan Babel yang berangkat ke Arab Saudi melalui Embarkasi Haji Palembang mendapat pelayanan keimigrasian terbaik," ujar Ilham.

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan menjelaskan pemberangkatan 7.012 calon haji pada masa haji 1444 Hijriah/2023 ini melalui Embarkasi Palembang dibagi menjadi 23 kloter dengan tiga kloter di antaranya (kloter 8, 9 dan 10) dari Provinsi Bangka Belitung.

Seluruh calon haji dari Sumsel dan Bangka Belitung yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci sehari sebelumnya diinapkan di asrama haji Palembang.

Baca juga: Kloter pertama Embarkasi Palembang berangkat dari bandara SMB II

"Untuk menyiapkan penginapan calon haji tersebut, kami telah berkoordinasi dengan manajemen asrama haji dan mereka menyiapkan 278 kamar," kata Syafitri.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023