kami siap bekerja ekstra sesuai dengan jadwal
Palembang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Palembang menyiapkan tim terbaik untuk memeriksa paspor calon haji kuota tambahan asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II pada 23 Juni 2023 pukul 18.00 WIB.

"Pemberangkatan calon haji tahun ini Sumsel mendapatkan tambahan kuota haji 296 orang dan Bangka Belitung 79 orang, untuk melayani pemberangkatan jamaah tersebut tim kami siap bekerja ekstra sesuai dengan jadwal yang ditetapkan panitia," kata Kepala Kantor Imigrasi Palembang Muhammad Ridwan di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, sebelum ada tambahan kuota, pihaknya telah menyiapkan tim untuk memberikan pelayanan pemeriksaan dokumen keimigrasian/paspor 7.012 calon haji asal Sumsel dan Babel dibagi 23 kelompok terbang (kloter) yang pemberangkatan perdananya pada 27 Mei dan terakhirnya dijadwalkan pada 22 Juni 2023.

Dengan adanya pemberangkatan calon haji kuota tambahan satu kloter melalui embarkasi haji Palembang, pihaknya memperpanjang masa tugas tim untuk satu hari sesuai jadwal yang ditetapkan pihak Kementerian Agama pada 23 Juni, kata Ridwan.

Sementara Kasi Lantaskim Imigrasi Palembang yang juga Ketua Tim Pelayanan Pemeriksaan Paspor Calon Haji Embarkasi Palembang Adep Yoenus menambahkan, untuk melayani pemberangkatan calon haji kuota tambahan masa haji 1414 H/2023, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak Bandara SMB II Palembang serta Kemenag Sumsel dan Babel, Kamis (15/6).

Baca juga: PPIH Palembang komitmen berikan pelayan terbaik untuk calon haji
Baca juga: Satu calon haji kloter tiga Embarkasi Palembang meninggal di Mekkah


Pemberangkatan calon haji tersebut dari Bandara SMB II Palembang ke Kota Madinah, Arab Saudi menggunakan pesawat maskapai Garuda Indonesia yang rencananya terbang (take off) pada 23 Juni 2023 pukul 18.00 WIB.

Tim Imigrasi Palembang awalnya menyiapkan skema keberangkatan dan kepulangan 7.012 calon haji asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung itu yang dibagi dalam 23 kelompok terbang (kloter) dengan adanya kuota tambahan dilakukan perubahan skema keberangkatan menjadi 24 kloter.

"Menghadapi pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 ini tim kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk keberangkatan dan kepulangan jamaah melalui embarkasi dan debarkasi Palembang," ujar Adep.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung H. Tumiran dalam rakor tersebut memaparkan bahwa daerahnya mendapatkan 79 kuota tambahan.

Awalnya Bangka Belitung mendapat 1.065 kuota untuk pemberangkatan calon haji pada tahun ini, dengan adanya kuota tambahan secara keseluruhan calon haji dari daerahnya menjadi 1.114 orang, ujar Tumiran.

Baca juga: Kemenag Sumsel dapat tambahan kuota haji 296 orang
Baca juga: Tiga calon haji Embarkasi Palembang ditunda berangkat
Baca juga: Imigrasi Palembang turunkan tim terbaik layani pemberangkatan haji

 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023