Palembang (ANTARA) - Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang, Sumatera Selatan sejak 6 Juli 2023 hingga sekarang ini telah melayani kedatangan 5.002 haji asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung dari Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

"Hingga hari ini sudah 5.002 haji yang tergabung dalam 14 kelompok terbang (kloter) yang dilayani pemeriksaan paspornya di Debarkasi Haji Palembang dengan rincian 3.872 orang asal Sumsel dan 1.061 asal Babel," kata
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Mohammad Ridwan di Palembang, Ahad.

Dia menjelaskan, pihaknya menyiapkan tiga tim dengan 50 personel di bawah pimpinan Kasilantaskim Adep Yoenus untuk pelayanan pemeriksaan paspor jamaah haji di Debarkasi Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mulai 6 Juli hingga 4 Agustus 2023.

"Hari ini merupakan pelayanan kedatangan jamaah haji Kelompok Terbang (kloter) 14 berjumlah 353 orang asal Kota Pagaralam, Sumsel," ujarnya.

Baca juga: 3.471 haji debarkasi Palembang masih di Arab Saudi

Baca juga: Gubernur Sumsel sambut kedatangan 350 haji kloter 13


Setelah melayani kedatangan Kloter 14 jamaah haji dari Tanah Suci Makkah, Arab Saudi, petugas secara bergantian melayani kedatangan jamaah haji hingga kloter 24 atau kloter terakhir yang dijadwalkan pada 4 Agustus 2023.

Sesuai data keberangkatan, saat kedatangan ini pihaknya siap melakukan pelayanan pemeriksaan dokumen keimigrasian/paspor 8.192 orang, dengan rincian 7.012 orang jamaah haji asal Sumsel, dan 1.065 jamaah haji asal Kepulauan Bangka Belitung, dan 115 petugas yang terbagi dalam 24 kloter.

Diharapkan para jamaah yang diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Palembang yang dapat menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik semuanya pulang ke Tanah Air sesuai jadwal dengan selamat dan dalam keadaan sehat, kata Ridwan.

Sementara Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya meminta jajaran Imigrasi Palembang untuk memberikan pelayanan prima bagi jamaah haji saat kedatangan melalui Debarkasi Bandara Internasional SMB II Palembang.

Dengan pelayanan prima keimigrasian bagi jamaah haji Debarkasi Palembang, kata dia, bisa mendukung kelancaran pemeriksaan dokumen keimigrasian untuk kedatangan ke Tanah Air.

"Untuk memberikan pelayanan prima, tim imigrasi diminta melakukan koordinasi yang baik dengan pemangku kepentingan di asrama haji maupun di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang," ujar Kakanwil Ilham.

Sedangkan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil menjelaskan bahwa dengan kedatangan jamaah haji Kloter 14 hari ini,
Debarkasi Haji Palembang telah menerima kepulangan 5.002 orang haji dengan rincian asal Sumatera Selatan 3.872 orang, Provinsi Bangka Belitung 1.061 orang dan 69 petugas kloter.

Sementara jamaah yang meninggal berjumlah 37 orang dengan rincian meninggal di Arab Saudi 32 orang, meninggal di embarkasi satu orang, dan meninggal di debarkasi empat orang.

Sedangkan jamaah haji yang masih berada di Tanah Suci berjumlah 3.471 orang yang tergabung dalam 10 kloter (Kloter 15 hingga 24) lagi yang secara bertahap segera dipulangkan ke Tanah Air, ujar Armet.*

Baca juga: PPIH: 4.299 haji Debarkasi Palembang sudah tiba di Tanah Air

Baca juga: PPIH: 1.793 haji debarkasi Palembang telah tiba di Tanah Air

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023