Martapura (ANTARA) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Saidi Mansyur meminta jamaah calon haji (JCH) dari kabupaten tersebut menjaga kesehatan baik fisik maupun mental karena akan menjalani rangkaian ibadah yang memerlukan kesiapan prima.

"Ibadah haji memiliki rangkaian yang harus dijalani, sehingga memerlukan kesiapan baik fisik maupun mental yang harus dijaga, sehingga bisa menjalani semuanya dengan baik," kata Saidi Mansyur saat melepas JCH Banjar di Martapura, Senin.

Pelepasan JCH Kabupaten Banjar yang dilakukan di halaman Mahligai Sultan Adam Martapura juga disaksikan Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsy dan tokoh agama serta ratusan keluarga calon haji.

Baca juga: Calon haji diingatkan 15 cara jaga mental dan fisik saat Armuzna

Untuk mempersiapkan kesehatan fisik dan mental itu, kata dia, calon haji harus menjalani pola makan yang baik juga mengonsumsi vitamin, sehingga tetap bugar dan semangat menjalani ibadahnya.

"Jaga pola makan dengan baik dan konsumsi vitamin agar tetap sehat dan bugar. Selain itu, ikuti arahan tim pendamping selama di perjalanan, selama di Tanah Suci, dan saat pulang," katanya.

Bupati mengatakan pihaknya dan wabup serta seluruh masyarakat mendoakan seluruh calon haji meraih haji yang mabrur dan pulang dengan selamat kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga.

Jumlah calon haji Kabupaten Banjar yang siap diberangkatkan sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebanyak 379 orang termasuk para petugas haji dan tim kesehatan yang bertugas mendampingi rombongan.

Baca juga: Kemenag: Jamaah calon haji Banjarmasin terbagi dalam enam kloter

Kepala Kantor Kemenag Banjar Nazwan Noor mengatakan, jumlah calon haji yang mendaftar tercatat kurang lebih 18 ribu dan 461 di antaranya mendapat panggilan berangkat haji tahun 2023.

Menurut dia, dari 461 calon haji itu sebanyak 379 di antaranya telah melakukan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji, sedangkan sisanya menunda dengan berbagai alasan seperti sakit, hamil, meninggal dunia, dan mutasi ke daerah lain.

"Sebanyak 379 calon haji yang diberangkatkan itu terbagi dalam tiga kelompok terbang. Kloter pertama sebanyak 323 orang ditambah 2 PHD terdiri dari 145 laki-laki dan 185 perempuan dengan usia tertua 85 tahun," ucapnya.

Nazwan mengatakan, jamaah kloter pertama diberangkatkan ke Tanah Suci pada 28 Mei 2023 disusul kloter 16 sebanyak 31 orang berangkat pada 18 Juni 2023 yang bergabung dengan jamaah dari Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, dan Tapin.

Baca juga: PPIH Embarkasi Banjarmasin terapkan layanan satu pintu di asrama haji

Sementara, rombongan ketiga yang masuk dalam kloter 17 sebanyak 25 calon haji diberangkatkan pada 20 Juni 2023 bergabung dengan jamaah asal Banjarmasin, Hulu Sungai Utara, dan Padang, Provinsi Sumbar.

Pewarta: Imam Hanafi/yose
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023