Jiuquan (ANTARA) - JIUQUAN, 29 Mei (Xinhua) -- Para astronaut Shenzhou-16 akan melakukan pengujian dan eksperimen berskala besar di orbit yang akan mencakup berbagai bidang sesuai yang telah direncanakan, demikian diumumkan seorang pejabat senior dari Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) dalam konferensi pers pada Senin (29/5).

Mereka diharapkan dapat menorehkan pencapaian ilmiah tingkat tinggi terkait studi fenomena kuantum baru, sistem waktu dan frekuensi presisi tinggi di ruang angkasa, verifikasi relativitas umum, serta asal usul kehidupan, tutur Wakil Direktur CMSA Lin Xiqiang.

Misi Shenzhou-16 juga akan memasang silinder propulsi listrik dan mengangkat kamera di luar wahana antariksa (extravehicular), kata Lin.

Misi Shenzhou-16 juga akan merampungkan pemasangan fasilitas-fasilitas aplikasi extravehicular besar, seperti peralatan eksperimen paparan biologis radiasi, imbuhnya.

Para kru Shenzhou-16, yakni Jing Haipeng, Zhu Yangzhu, dan Gui Haichao, akan menyaksikan penambatan (docking) wahana antariksa kargo Tianzhou-5 dan pesawat antariksa berawak Shenzhou-17, serta keberangkatan pesawat antariksa berawak Shenzhou-15 dan Tianzhou-5, ungkap Lin. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023