Boyolali (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo di Provinsi Jawa Tengah, telah memulangkan satu calon haji asal Kabupaten Semarang yang tergabung kelompok terbang (Kloter) 17 ke daerahnya karena kondisi kesehatan.

Calon haji tersebut atas nama Sarju Amad Toyib (89), asal Kabupaten Semarang, ditunda keberangkatan ke Tanah Suci karena kondisi kesehatan, kata Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin.

"Satu calon haji yang ditunda berangkat itu, berdasarkan surat dari PPIH Embarkasi Solo Nomor 21/PPIH-SOC/05/2023, per tanggal 29 Mei 2023," kata Gentur.

Menurut dia, intinya, berdasarkan pemeriksaan kesehatan akhir yang dilakukan oleh PPIH Embarkasi Solo bidang kesehatan, beliau ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci atau tidak layak terbang karena sakit sesak dan nyeri dada, serta tidak ada pendampingnya. Yang bersangkutan dengan didampingi petugas daerah kemudian dipulangkan ke daerah.

Baca juga: Embarkasi Solo pulangkan satu calon haji asal Demak karena sakit

Baca juga: Jenazah calon haji asal Demak akan dimakamkan di Baqi Madinah


PPIH Embarksi Solo hingga saat ini, telah menunda keberangkatan dua calon haji ke Tanah Suci bersama kloternya karena kondisi kesehatan sehingga dipulangkan ke daerah.

PPIH Embarkasi Solo sebelumnya, pada Kamis (25/5), satu jamaah calon haji atas nama Rumisih Salidin Kanafi (76), warga Demak yang tergabung dalam kloter 7 juga dipulangkan ke daerah karena kondisi kesehatan.

Menurut dia, berdasarkan analisa dari tim kesehatan Embarkasi Solo yang bersangkutan dinyatakan menderita demensia berat, sehingga tidak layak untuk terbang ke Tanah Suci.

Sementara itu, untuk jamaah calon haji yang masih menjalani perawatan hingga, Senin ini, ada empat calon haji, yakni dua orang dari kloter 18 dirawat di RS TNI AU dan dua calon haji lainnya dari kloter 16 dirawat di RSU Moewardi Solo. Kemudian ada satu calon haji menjalani observasi di Poliklinik Embarkasi Solo.

Embarkasi Solo hingga Senin ini, telah kedatangan calon haji kloter 19 asal Kabupaten Temanggung sebanyak 360 orang, sehingga total telah menerima sebanyak 6.792 calon haji. Sedangkan, calon haji yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci, hingga kloter 16 sebanyak 5.731 orang.

"Calon haji Embarkasi Surakarta kloter 16 sebanyak 360 orang full seat, telah diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada pukul 18.35 WIB, sehingga total yang sudah diberangkatkan sebanyak 5.731 calon haji," katanya.*

Baca juga: PPIH Embarkasi Solo sudah terbangkan 2.140 calon haji ke Tanah Suci

Baca juga: Gubernur Jateng beri semangat calon haji kloter pertama Embarkasi Solo

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023