Bagian yang panjang sudah hampir selesai 100 persen, jadi sudah tenang."
Nusa Dua (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan berharap pembangunan jalan tol Benoa-Nusa Dua di Bali dapat selesai pada Juni 2013 setelah melihat perkembangan proyek yang menggembirakan hingga saat ini.

"Bagian yang panjang sudah hampir selesai 100 persen, jadi sudah tenang," kata Dahlan saat meninjau proyek jalan tol tersebut di Nusa Dua Bali, Jumat.

Menurut Dahlan, proyek pembangunan jalan tol di yang melintas di atas laut hingga ke Pelabuhan Benoa itu sudah terlihat menunjukkan hasil. Hal itu bisa dilihat dari telah rampungnya pemancangan tiang-tiang sebagai dasar jalan tol.

Kepala Proyek Jalan Tol Benoa-Nusa Dua PT Adhi Karya, Bima Adnanta mengatakan hingga saat ini penyelesaian pembangunan jalan tol Benoa-Nusa Dua Paket I mencapai 79 persen.

"Paket I sekitar 79 persen sudah beres. Paket ini mendapat jatah sekitar tiga kilometer dari total paket pembangunan tol sepanjang sembilan kilometer. Plus akses jalan Pelabuhan Benoa jadi totalnya 12 kilometer," katanya.

Menurut Bima, Paket I akan segera rampung pada Maret karena proses pemancangan tiang selesai Desember 2012.

"Sudah sesuai rencana, sudah dibuat brikes cetak, tinggal dipasang saja. Paket I selesai Maret," ujarnya.

Bima menjelaskan, empat paket yang ditugaskan kepada tiga BUMN yakni PT Adhi Karya (Persero), PT Waskita Karya dan PT Hutama Karya (Persero) akan menyelesaikan pembangunan jalan tol sepanjang 12 kilometer.

Paket I diberikan kepada Adhi Karya, Paket II dan IV kepada Waskita Karya, sementara Paket III diberikan kepada Hutama Karya. Adapun investasi yang dikucurkan untuk konstruksi fisik dalam proyek tersebut senilai Rp1,7 triliun.

Proyek jalan tol pertama di Bali itu diharapkan bisa meningkatkan aksesibilitas perhelatan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) Summit yang berlangsung Oktober 2013. (A062/A039)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013