Kita semua harus berperan untuk sukseskan pemilu yang aman, tertib, dan damai. Jangan karena perbedaan politik membuat kita terpecah belah dan saling bermusuhan satu sama lain
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) untuk turut mengawal proses politik yang sehat dan demokratis.

"Kita semua harus berperan untuk sukseskan pemilu yang aman, tertib, dan damai. Jangan karena perbedaan politik membuat kita terpecah belah dan saling bermusuhan satu sama lain," ujar Wamenag Zainut dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Wamenag Zainut mengatakan ASN Kemenag jangan sampai terlibat dengan politik identitas. ASN justru harus mampu menjaga dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa berpolitik itu harus didasarkan pada nilai-nilai agama dan demi kemaslahatan.

Menurutnya, siapa pun yang terpilih nanti dalam pemilihan presiden pastinya merupakan putra-putri terbaik bangsa. ASN Kemenag tidak perlu ikut-ikutan menggunakan istilah yang menyudutkan kelompok.

Baca juga: Wamenag: Kontestasi politik tidak boleh gerus persatuan

"ASN Kemenag harus tegak lurus dan berperan menyukseskan pesta demokrasi pemilihan presiden yang aman dan damai," ujarnya.

Di satu sisi, Wamenag juga menyebut organisasi keagamaan memegang peranan penting dalam menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia pada tahun politik.

Zainut mengatakan momentum suksesi kepemimpinan harus berjalan dengan damai, santun, beretika, dan bermartabat, serta tidak terjebak dalam praktik politik identitas. Pasalnya, politik identitas berpotensi memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Maka dari itu, kata Wamenag, prinsip moderasi dalam berpolitik penting diimplementasikan kepada warga bangsa, sehingga perbedaan-perbedaan pilihan tidak menjadi alasan lahirnya perpecahan.

"Para pimpinan ormas Islam, ulama, dan tokoh agama, saya harap mampu mengajak masyarakat agar menjaga nilai-nilai persaudaraan, kerukunan, dan persatuan," ujarnya.

Baca juga: Wamenag sebut ormas pegang peran jaga kesatuan di tahun politik
Baca juga: Wamenag ingatkan ASN tidak terlibat politik praktis

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023