Tentu saja, inline dengan masa jabatan saya yang akan berakhir tanggal 5 September 2023, kita genjot
Banjarnegara, Jateng (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan peran penting kepala desa soal capaian target nasional mengenai penurunan angka kemiskinan dan tengkes (stunting).

"Kami memberikan pesan ada target penurunan angka stunting, penurunan kemiskinan ekstrem mesti kita kejar. Tentu saja, inline dengan masa jabatan saya yang akan berakhir tanggal 5 September 2023, kita genjot," katanya usai menghadiri Silaturahmi Akbar Forum Kepala dan Perangkat Desa (FKPD) Dipayudha Kabupaten Banjarnegara di Banjarnegara, Jateng, Selasa.

Ia meminta para perangkat desa agar menjalankan pemerintahan di desa secara akuntabel dan bersih dari berbagai bentuk tindak pidana korupsi.

Orang nomor satu di Jateng itu mengaku menerima banyak masukan dari kades mengenai infrastruktur desa, khususnya yang berkaitan dengan anggaran.

"Maka, kemarin coba kami koordinasikan agar coverage anggaran yang kurang-kurang ini bisa masuk program inpres dari infrastruktur desa," ujarnya.

Menurut Ganjar, anggaran dan pengelolaan keuangan harus diperhatikan dengan baik, apalagi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebelumnya juga telah memberikan catatan karena ada keterlambatan.

"Saya minta untuk dikejar, tapi, Alhamdulillah di Banjarnegara sama Pak Bupati dicek langsung. 'Pak Gub, Banjarnegara sudah selesai 100 persen'. Nah, tinggal kita ingatkan daerah-daerah yang lain," katanya.

Ganjar juga mengapresiasi karena selama dua periode memimpin Provinsi Jateng, ada banyak desa yang berinovasi, tidak hanya dari segi tata kelola, tapi banyak desa berinovasi pada usaha desa termasuk BUMDes dan kerja sama antardesa.

Bahkan, lanjut dia, banyak desa yang membuat aplikasi untuk memudahkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Ini pengalaman-pengalaman bagus yang mesti kita kawal. Tentu penghormatan-penghormatan kita berikan kepada keseriusan kades-kades dalam menyelesaikan persoalan di level desa, maka target-target nasional ini kita bereskan pada level pemerintahan yang terkecil yaitu desa, sehingga nanti kalau itu beres, ya insya Allah mengerucutnya ke atas. Performanya akan sangat bagus. Saya ingatkan satu saja, jangan korupsi," tegas Ganjar Pranowo.

Baca juga: Gubenur Jateng: Replikasi program pemda yang bagus kurangi tengkes
Baca juga: Ganjar libatkan milenial kurangi angka stunting di Jateng
Baca juga: Ganjar minta tiap SKPD punya desa dampingan atasi kemiskinan di Jateng


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023