Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Bengkulu Kampus B Curup membantu penanganan kasus stunting di Kabupaten Rejang Lebong.

"Poltekkes Kemenkes Kampus B Curup ingin memberikan sumbangsih dalam rangka percepatan penanganan stunting di Kabupaten Rejang Lebong. Hal ini dilakukan bersamaan dengan program pengabdian kepada masyarakat," kata Penanggung Jawab Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Kampus B Curup Chandra Buana di Puskesmas Curup Tengah, Selasa.

Dia menjelaskan Poltekkes Kemenkes Bengkulu Kampus B Curup ambil bagian dalam penanganan stunting karena masalah tersebut bukan masalah di wilayah itu saja tetapi sudah menjadi masalah nasional sehingga perlu dukungan semua pihak untuk menanganinya.

Baca juga: Kota Bengkulu targetkan stunting bisa turun ke angka 9 persen

Jika kasus stunting ini tidak dilakukan pencegahan, kata dia, akan berdampak sangat besar pada tumbuh kembang anak yang tidak optimal.

"Kecamatan Curup Tengah ini kita pilih, karena di sini ada 5 lokus penanganan stunting," katanya.

Dalam pengabdian masyarakat kali ini, kata dia, pihaknya akan memberikan pelatihan kepada kader konvergensi penanggulangan stunting dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang, terdiri datas 15 kader posyandu dan 15 orang dari pemangku kepentingan terkait.

Baca juga: Wapres cek posyandu Kota Bengkulu untuk percepat penurunan "stunting"

Pelatihan kader konvergensi itu dilaksanakan selama satu hari dan dilanjutkan monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan di posyandu selama satu bulan. Selanjutnya akan dilakukan monev ulang dua bulan kemudian.

Wakil Bupati Rejang Lebong yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan Poltekkes Kemenkes Kampus B Curup.

Dia menilai kegiatan yang dilakukan oleh Poltekkes Kemenkes Kampus B Curup di daerah itu sangat bagus untuk menciptakan kader-kader penanganan stunting di Kabupaten Rejang Lebong khususnya di Kecamatan Curup Tengah.

Baca juga: Wagub: Rekonsiliasi TPPS tingkatkan aksi kovergensi turunkan stunting

"Kami berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan di kecamatan-kecamatan lain yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, sehingga nantinya penanganan stunting di kabupaten ini bisa lebih maksimal lagi dan angka stunting Rejang Lebong yang kini berada 20,2 persen bisa terus turun," katanya.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023