Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Asrama di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Yogyakarta.
 
"Terima kasih asrama ini dibangun Pak Bas. Harganya murah, bangunnya cepat, dan kualitasnya bagus, jadi ini nanti mau dipakai sebagai standar untuk seluruh Poltekkes di Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.
 
Menkes mengatakan Rusun Asrama Poltekkes Yogyakarta telah ditempati oleh para mahasiswi, tidak hanya dari dalam negeri, namun juga mahasiswi dari luar negeri.
 
"Ini internasional, jadi yang menginap tidak hanya dari Jogja tapi juga dari Sorong, bahkan ada yang dari Timor Leste," ucapnya
 
Menkes berharap asrama itu tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal sementara. Ia mengatakan asrama harus menjadi wadah para mahasiswi untuk mengembangkan kemampuan diri.
 
"Harapannya nanti lebih banyak putra-putri dari seluruh Indonesia bisa belajar di sini dan kembali ke daerahnya untuk melayani di daerahnya masing-masing," ujarnya
 
"Kita ingin bisa mendidik orang-orang luar negeri disini, karena ada pengakuan kualitas pendidikan kita bagus. Kita juga ingin mendidik orang-orang Indonesia seperti bidan dan perawat supaya bisa kerja di luar negeri," tambah Menkes Budi.

Baca juga: Menkes Budi Sadikin resmikan Gedung RSUD Sidoarjo.
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan Asrama Mahasiswa Poltekkes Yogyakarta merupakan salah satu bangunan asrama yang telah diselesaikan oleh Kementerian PUPR dan menelan biaya sebesar Rp22 miliar.
 
"Selain di Yogyakarta, saat ini KemenPUPR juga sedang membangun asrama serupa di Medan," kata Menteri Basuki.
 
Menteri Basuki menyebutkan pembangunan asrama rusun merupakan bagian dari komitmen KemenPUPR untuk mendukung Kemenkes dalam menghadirkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.
 
Terlebih, saat ini Kemenkes sedang membangun beberapa rumah sakit besar seperti di Makassar, Kupang, dan Surabaya. Rumah sakit-rumah sakit itu akan dilengkapi dengan peralatan medis canggih dan modern sesuai perkembangan teknologi.
 
Karenanya, keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan yang terampil dan berkompeten sangat penting dalam menjalankan infrastruktur kesehatan yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).
 
"Karena beliau ini (Menkes) punya program memperbaiki rumah sakit dan Puskesmas, berarti butuh tenaga kesehatan yang lebih banyak, sehingga butuh Poltekkes yang lebih aktif, jadi bisa merekrut mahasiswa yang lebih baik," ucap Menteri Basuki.

Rusun Asrama Poltekkes Yogyakarta merupakan fasilitas hunian atau tempat tinggal sementara bagi para mahasiswa yang menempuh pendidikan di Poltekkes Yogyakarta ini. Rusun asrama yang berada di Jalan Gading Sari No. 31 ini dibangun diatas lahan seluas 13.045 m² dengan luas bangunan sebesar 4.865,5 m².
 
Bangunan rusun asrama memiliki empat lantai dan 86 kamar yang terdiri dari 84 kamar mahasiswa dan dua kamar disabilitas. Masing-masing kamar diisi oleh empat mahasiswa. Sampai saat ini, total ada 294 mahasiswa dari berbagai program studi di Poltekkes Yogyakarta yang menghuni rusun asrama.


Baca juga: Menkes tekankan pentingnya pemenuhan gizi dalam upaya cegah stunting

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024