"Penandatanganan kerja sama nanti akan dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel bersama Direktur Poltekkes Kemenkes dan tentunya kerja sama itu akan menguntungkan kedua belah pihak,"
Makassar (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan bersama Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Makassar siap menjalin kerja sama dalam mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kemenkumham Sulsel Suprapto di Makassar, Jumat, mengatakan rencana kerja sama itu akan segera diimplementasikan setelah pertemuan dengan Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Makassar, Siti Nurul Fajriah.

"Penandatanganan kerja sama nanti akan dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel bersama Direktur Poltekkes Kemenkes dan tentunya kerja sama itu akan menguntungkan kedua belah pihak," ujarnya.

Suprapto mengatakan bahwa rencana kerja sama itu adalah hal yang positif terhadap Unit Pelaksana Teknis (UPT) khususnya pada bidang Pemasyarakatan di Sulawesi Selatan.

"Apresiasi terhadap rencana kerja sama ini dan hal ini merupakan rencana yang sangat positif sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," katanya.

Menurutnya, dari segi pendidikan, Poltekkes Makassar dapat menggelar pelatihan terhadap tenaga kesehatan yang ada di Lapas dan Rutan agar mereka memperoleh keahlian dan sertifikasi di bidangnya.

"Di Lapas dan Rutan itu, tenaga kesehatannya terdiri dari beberapa profesi kesehatan diantaranya dokter, perawat, apoteker, psikiater dan sebagainya. Untuk itu, jika kerja sama ini dilaksanakan, diharapkan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesehatan," terang Suprapto.

Sementara itu, Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Makassar, Siti Nurul Fajriah mengungkapkan bahwa pihaknya siap berkolaborasi dengan Kanwik Kemenkumham Sulsel terutama dalam pengabdian masyarakat diantaranya termasuk dalam deteksi penyakit menular termasuk pemeriksaan kesehatan bagi WBP.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Mohammad Yani juga hadir dan bersama Poltekkes Makassar membahas terkait Kekayaan Intelektual.

"Ke depan Kanwil Kemenkumham Sulsel akan terus melakukan pendampingan terhadap pendaftaran Kekayaan Intelektual oleh Pihak Poltekkes. Sebelumnya juga pernah dilakukan kerjasama dalam bentuk Perjanjian Kerjasama," kata Yani.

Pertemuan ini turut dihadiri Kepala Bidang Pembinaan Rahnianto, Kepala Pusat Pengembangan dan Pendidikan Poltekkes Makassar M. Askar, Kapus Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Adriyani Adam, dan Jajaran Pelaksana pada Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023