Tampil di sini selalu sulit, dan mereka menyulitkan kami,"
London (ANTARA News) - Manchester United mengatasi masalah padamnya lampu stadion untuk menang 1-0 di markas Fulham berkat gol Wayne Rooney pada Sabtu, ketika pasukan Alex Ferguson unggul sepuluh angka di puncak klasemen Liga Utama Inggris.

Pada babak pertama yang berlangsung terbuka, tiang gawang menjadi penyebab kegagalan lahirnya gol sebanyak empat kali, dengan upaya Bryan Ruiz yang membentur tiang untuk Fulham, sedangkan Patrice Evra, bek Fulham Brede Hangeland, dan Rooney ketiganya menendang bola yang masih mengenai mistar gawang.

Matinya lampu stadion pada menit ke-43 membuat Craven Cottage dilanda kegelapan dan memaksa para pemain meninggalkan lapangan, namun mereka kembali untuk menyelesaikan babak pertama setelah lampu dapat kembali dinyalakan.

Rooney mencetak gol kemenangan pada menit ke-79, dengan melesak dari sisi kiri dan melepaskan bola menuju sudut kanan bawah gawang yang membuat United memperbesar keunggulan atas tim peringkat kedua Manchester City, yang akan menjamu Liverpool pada Minggu.

"Tampil di sini selalu sulit, dan mereka menyulitkan kami," kata Rooney.

"Tendangan kami membentur tiang dan mistar gawang sebanyak tiga kali pada babak pertama, namun kami harus memelihara keyakinan. Kami tahu bahwa kami dapat menciptakan peluang-peluang."

"Tentu saja kami berada di posisi yang bagus, namun kami tidak akan bersantai."

Pada pertandingan sebelumnya, rekrutan baru Moussa Sissoko mencetak dua gol pada babak kedua sekaligus satu gol kemenangan di menit terakhir untuk membuat Newcastle United menang 3-2 atas tamunya Chelsea, yang gagal menempel dua tim teratas di klasemen.

Setelah Jonas Gutgierrez membawa Newcastle unggul pada babak pertama, Chelsea bangkit melalui gol-gol cantik Frank Lampard dan Juan Mata untuk berbalik memimpin 2-1, namun Sissoko mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-68 sebelum memastikan kemenangan timnya.

"Saya tidak perlu berkata apa-apa, sebab kinerjanya telah mengatakan semuanya," kagta pelatih Newcastle Alan Pardew perihal Sissoko.

"Saya ingat menyaksikan dia (bermain) untuk Toulouse 14 bulan silam, dan saya pikir ia adalah salah satu dari kami. Kami memperhatikan dia dan memantau dia untuk waktu yang cukup lama."

Kekalahan ini membuat Chelsea tertinggal enam angka dari City, dan 16 angka dari Manchester United.

"Terdapat terlalu banyak kesalahan," kata manajer sementara Chelsea Rafael Benitez.

"Saya dapat melihat kartu merah tidak diberikan kepada Fabricio Coloccini. Kami memiliki peluang dan Demba Ba mengalami patah hidung, dan mengalamai perdarahan."

Pada pertandingan lian Arsenal menang 1-0 atas Stoke City, dan semakin mendekatkan diri dengan zona Liga Champions.

Pemain pengganti Lukas Podolski memastikan kemenangan timnya pada menit ke-78 melalui tendangan bebas mendatar yang sempat membentur Geoff Cameron, sehingga mengecoh kiper Asmir Begovic.

Di Goodison Park, tandukan Marouane Fellaini di masa tambahan waktu membuat Everton bermain imbang 3-3 pada pertandingan seru melawan Aston Villa, yang kembali gagal mempertahankan keunggulan dan memasuki zona degradasi.

Sepasang gol Christian Benteke dan satu gol dari Gabriel Agbonlahor membuat Villa unggul 3-1 dengan pertandingan tinggal menyisakan 21 menit, Victor Anichebe kemudian membalasnya untuk Everton, sampai Fellaini menciptakan gol penyama kedudukan untuk membuat Everton berbagi angka dengan tamunya."

"Saya pikir kami bermain baik, namun kami tidak bertahan dengan baik," kata pelatih Everton David Moyes.

"Pujian hebat untuk para pemain, sebab mereka tidak pernah menyerah dan terus berusaha. Kami mendapati diri kami sendiri sedang mengejar permainan sepanjang waktu dan itulah yang membuat sepak bola menjadi menarik."

Villa sekarang unggul dua angka atas tim peringkat keempat dari bawah Reading, yang menang 2-1 atas tamunya Sunderland untuk membuat mereka tetap berada di atas zona degradasi.

Southampton gagal meraih kemenangan setelah kemasukan gol penyama kedudukan di menit terakhir, saat mereka bermain imbang 2-2 di markas Wigan Athletic.

Sundulan Gary Caldwell pada meenit ke-25 membawa Wigan unggul, tetapi gol-gol Rickie Lambert dan Morgan Schneiderlin membuat tim tamu berbalik unggul sampai Shaun Maloney mencetak gol pada masa tambahan waktu.

Sementara itu, penyerang yang dipinjam dari Liverpool Andy Carroll mencetak gol keduanya musim ini untuk membawa West Ham United menang 1-0 atas tamunya Swansea City.

Adel Taarabt gagal mengeksekusi penalti pada babak kedua, saat Queens Park Rangers ditahan imbang tanpa gol oleh tamunya Norwich City, dan mereka kini terpaut lima angka dari zona aman di dasar klasemen.

"Itulah yang terjadi. Adel kembali tampil luar biasa," kata pelatih QPR Harry Redknapp.

"Itu adalah salah satu dari beberapa hal. Jika kami mencetak gol, maka kami memenangi pertandingan, tidak diragukan lagi," katanya.

(H-RF/a032)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013