"Para jamaah tersebut bukan hanya berasal dari Provinsi Kaltim saja, namun juga berasal dari Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara,"
Balikpapan (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Abdul Khaliq mengungkapkan bahwa pada musim haji tahun 2023 ini embarkasi haji Balikpapan, Kaltim memberangkatkan 5.708 orang calon jamaah haji.

"Para jamaah tersebut bukan hanya berasal dari Provinsi Kaltim saja, namun juga berasal dari Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara," kata Abdul Khaliq di Balikpapan, Selasa.

Ia menambahkan para calon haji tersebut didampingi oleh 95 petugas haji dan telah dibagi dalam 20 kelompok terbang (kloter) yang dimulai keberangkatan menuju tanah suci sejak 25 Mei dan berakhir 22 Juni 2023.

"Khusus untuk wilayah Kaltim jumlah 2.586 orang terbagi 7 kloter khusus dan 4 gabungan," ujarnya.

Abdul Khaliq mengungkapkan bahwa pada tahun ini pembagian kloter berbeda, kalau sebelumnya setiap kloter membawa 360 jamaah, namun tahun ini dikurangi maksimal 299 jamaah pada satu kali penerbangan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi meminta petugas haji dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Balikpapan 1444 Hijriah agar memperlakukan para jemaah haji secara baik dan melayani dengan optimal, mengingat banyak calon haji yang telah berusia lanjut.

"Tolong bapak ibu petugas, saya titip jemaah haji kita, rawat dan layani mereka seperti orang tua kita sendiri," pinta Wagub Hadi Mulyadi.

Wagub mengakui masalah dan kendala selalu ada ketika petugas haji dan PPIH Embarkasi Balikpapan melayani calhaj, baik saat penjemputan, menginapkan, memberangkatkan dan pelaksanaan/mendampingi ibadah haji hingga membawa kembali ke tanah air, bahkan kembali ke daerahnya masing-masing dan berkumpul keluarga.

"Inilah perlunya kesadaran kita sebagai orang yang mendapatkan amanah melayani jemaah haji. Ya harus tulus dan ikhlas serta sabar tingkat tinggi," ungkapnya.

Sebaliknya, orang nomor dua Benua Etam ini berharap seluruh jemaah haji Benua Etam agar tidak perlu khawatir dengan pelayanan petugas haji dan PPIH Embarkasi Balikpapan.

"Bagaimana bapak ibu nyaman tinggal disini, makannya nyaman, tempat tidurnya nyaman, toilet nyaman,"tanya Wagub dan mendapatkan jawaban seluruh jemaah calhaj bahwa semua nyaman, berkat pelayanan maksimal petugas haji dan PPIH Embarkasi Balikpapan.

Atas pelayanan maksimal jajaran Kementerian Agama ini, ujarnya, para jemaah haji bisa lebih fokus dan khusyuk melaksanakan ibadah haji dan berdoa di tanah suci.

"Jangan pikir yang susah-susah, kalau bapak ibu berpikir positif, insyaallah akan dimudahkan Allah urusan ibadah hajinya sampai kembali ke tanah air,' pesan Wagub Hadi Mulyadi.
Baca juga: Jamaah calon haji Embarkasi Balikpapan mulai terbang 22 Juni
Baca juga: Satu anggota jamaah haji Nunukan meninggal dunia di Mekkah
Baca juga: Embarkasi Balikpapan berangkatkan 6.730 calon haji

Pewarta: Arumanto
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023