Manado (ANTARA) - Ratusan calon haji asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diberangkatkan ke Embarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis malam.

"Hari ini, telah dilakukan pelepasan calon haji asal Sulut, yakni Kloter 16 dan sebagian Kloter 17, menuju embarkasi Balikpapan dan rencananya menuju Arab Saudi pada 16 Juni 2023," kata Kakanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe usai melepas mereka di Gedung Serba Guna Asrama Haji Tuminting, Manado, Kamis.

Total jamaah haji asal Sulut tahun 2023 ini sebanyak 754, dan sebanyak 299 yang masuk dalam Kloter 16 dan sebanyak 42 masuk Kloter 17 diberangkatkan dari Asrama Haji Transit Tuminting Manado ke Embarkasi Balikpapan malam ini.

"Dari 368 calon haji tersebut, terdapat lima petugas dan dua pembimbing haji daerah," katanya.

Baca juga: Keberangkatan-pemulangan calhaj Sulut, Kemenag tingkatkan koordinasi

Baca juga: Sulut dapat tambahan 61 calon haji 1444 H


Sarbin Sehe yang juga selaku Kepala Staf Haji mengimbau para jamaah untuk menjaga kesehatan, sebab ibadah haji adalah ibadah fisik.

"Mari kita lakukan ikhtiar maksimal, jaga kesehatan, kondisi fisik, jaga pola makan. Apalagi cuaca di Arab Saudi saat ini sangat ekstrem," katanya.

Ia mengatakan usahakan mengutamakan istirahat hingga puncak haji, jangan memaksakan mengerjakan ibadah sunnah, utamakan yang wajib terlebih dahulu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulut H Asripan Nani, mewakili Gubernur, mengatakan rasa bangga terhadap 753 jamaah haji yang akan segera berhaji.

"Jaga kesehatan dan ikuti petunjuk petugas haji. Selamat menunaikan ibadah haji," katanya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua PPIH Sulut H Rikson Hasanati, Kepala Kemenag Kabupaten dan kota, jajaran Forkompimda Sulut, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pimpinan Ormas Islam.*

Baca juga: Kemenag Sulut distribusikan koper jamaah calon haji

Baca juga: Kemenag: PPIH harus tingkatkan koordinasi dampingi calon haji Sulut


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023