Jakarta (ANTARA) - Sejumlah perwakilan dari Indonesia dan Provinsi Sichuan di China saling bertukar informasi mengenai potensi sumber daya masing-masing untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan keduanya dalam sebuah konferensi perdagangan yang digelar di Jakarta.

Sekretaris Komite Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) Provinsi Sichuan Wang Xiaohui pada Senin (29/5) di Jakarta menyampaikan bahwa Sichuan memiliki keunggulan dalam mengembangkan berbagai sektor, mulai dari makanan, obat-obatan, baterai, hingga energi bersih.

Potensi yang dimiliki Sichuan dan Indonesia saling melengkapi dalam beberapa aspek, sehingga ada harapan untuk membangun kerja sama yang saling menguntungkan.

"China merupakan mitra dagang nomor satu bagi Indonesia, dan hubungan ekonomi kita juga semakin erat," kata Luhut.

Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang juga menyampaikan pidato dalam acara tersebut, mengungkapkan harapannya terkait kerja sama ekonomi dan perdagangan yang semakin erat antara provinsi di China barat daya itu dan Indonesia.

Kedua belah pihak menandatangani beberapa perjanjian kerja sama di bidang pertambangan batu bara dan pengolahan makanan.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023