London (ANTARA News) - Tottenham Hotspur kehilangan Jermaine Defoe karena cedera, namun mereka mampu menang 1-0 atas tuan rumah West Bromwich Albion melalui gol Gareth Bale, untuk memperbesar peluang mereka menembus kualifikasi Liga Champions pada Minggu.

Komitmen Emmanuel Adebayor dengan Togo di Piala Afrika membuat Defoe menjadi satu-satunya penyerang senior di kubu Spurs, namun pemain internasional Inggris itu harus meninggalkan lapangan The Hawthorns pada menit ke-30 setelah terlihat mengalami masalah pada pergelangan kakinya.

Sekali lagi, Bale menjadi pemain paling berbahaya bagi Spurs namun upaya terbaiknya di babak pertama, tembakan melengkung pada masa tambahan waktu, masih dapat ditepis kiper West Brom Ben Foster.

Tuan rumah mendapat peluang mencetak gol ketika Graham Dorrans memberi umpan kepada Shane Long, namun kiper tim tamu Hugo Lloris masih mampu memblok bola yang mengancam gawangnya.

Tottenham mendapat sedikit bantuan pada awal babak kedua, ketika bek kiri West Brom Goran Popov, yang dipinjam dari Dynamo Kiev, mendapat kartu merah karena meludahi bek kanan Spurs Kyle Walker.

Spurs memaksimalkan keunggulan jumlah pemain pada menit ke-67 ketika Bale menambah catatan golnya di liga musim ini menjadi 11 gol, melalui tembakan dari luar kotak penalti.

Mengenai perannya yang bermain lebih ke tengah, Bale berkata kepada Sky Sports, "Saya menikmatinya. Ini adalah peran yang saya pelajari dari musim ke musim."

"Saya telah masuk (dari sayap) lebih sering dari pada musim-musim sebelumnya, dan saya menikmatinya. Ini adalah pengalaman baru bagi saya, kesempatan untuk meningkatkan permainan saya dan menambah dimensi baru."

Kemenangan itu membuat pasukan Andre Villas-Boas hanya terpaut satu angka dengan tim peringkat ketiga Chelsea, sedangkan West Brom tetap menghuni peringkat kesembilan.

Manchester United unggul sepuluh angka bersih di puncak klasemen setelah menang 1-0 di markas Fulham pada Sabtu, namun juara bertahan Manchester City dapat memangkas selisih tersebut menjadi tujuh angka jika mereka menang saat menjamu Liverpool pada Minggu malam.

(H-RF/A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013