Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus naik 11 sen menjadi diperdagangkan di 73,82 dolar AS per barel pada pukul 00.13 GMT
Singapura (ANTARA) - Harga minyak naik tipis di awal perdagangan Asia pada Rabu pagi, setelah penurunan tajam di sesi sebelumnya karena pelaku pasar menunggu pemungutan suara yang diharapkan pada kesepakatan bipartisan untuk menaikkan plafon utang AS 31,4 triliun dolar AS.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus naik 11 sen menjadi diperdagangkan di 73,82 dolar AS per barel pada pukul 00.13 GMT. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 8 sen menjadi diperdagangkan di 69,54 dolar AS per barel.

Keduanya harga acuan minyak mentah turun lebih dari empat persen pada Selasa (30/5/2023).

Baca juga: Minyak jatuh terseret ketidakpastian atas OPEC+, kesepakatan utang AS

Kontrak Juli untuk Brent, yang berakhir pada Rabu, dan patokan AS berada di jalur penurunan bulanan masing-masing lebih dari tujuh persen dan sembilan persen.

Anggota kongres Republik Kevin McCarthy pada Selasa (30/5/2023) mendesak anggota partainya untuk mendukung kesepakatan itu bahkan ketika dia menghadapi tantangan langsung dari beberapa pihak, yang membebani harga minyak selama sesi sebelumnya.

Namun, seorang tokoh garis keras partai utama mengatakan dia kemungkinan akan mendukung tindakan tersebut dalam pemungutan suara prosedural yang kritis, yang akan memungkinkannya untuk mendapatkan Komite Aturan Dewan Perwakilan Rakyat yang sangat penting dengan mayoritas dari Partai Republik. Panitia akan melakukan pemungutan suara nanti apakah akan memajukan RUU setebal 99 halaman itu.

Batas waktu utang hampir bertepatan dengan pertemuan OPEC+ - Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia pada 4 Juni. Pedagang tidak yakin tentang apakah grup tersebut akan meningkatkan pengurangan produksi karena kemerosotan harga membebani pasar.

Menteri Energi Arab Saudi Abdulaziz bin Salman pekan lalu memperingatkan short-seller yang bertaruh harga minyak akan jatuh untuk "hati-hati" dalam kemungkinan sinyal bahwa OPEC+ dapat memangkas produksi.

Namun, komentar dari pejabat dan sumber perminyakan Rusia, termasuk Wakil Perdana Menteri Alexander Novak, mengindikasikan produsen minyak terbesar ketiga dunia itu condong ke arah membiarkan produksi tidak berubah.

Pada April, Arab Saudi dan anggota OPEC+ lainnya mengumumkan pengurangan produksi minyak lebih lanjut sekitar 1,2 juta barel per hari, sehingga total volume pemotongan oleh OPEC+ menjadi 3,66 juta barel per hari, menurut perhitungan Reuters.

Pelaku pasar juga menunggu data industri stok minyak mentah AS yang akan dirilis pada Rabu. Data tertunda satu hari karena hari libur AS awal pekan ini.

Tujuh analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan rata-rata persediaan minyak mentah turun sekitar 1,2 juta barel dalam sepekan hingga 26 Mei.

Baca juga: Minyak jatuh karena kesulitan kesepakatan utang AS dan prospek OPEC+

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023