Hefei, China (ANTARA) - Volkswagen akan membangun sebuah pusat penelitian dan pengembangan (litbang), inovasi, serta pengadaan untuk mobil listrik yang terhubung penuh di Hefei, ibu kota Provinsi Anhui, China timur, menurut sebuah kesepakatan investasi yang ditandatangani pada Selasa (30/5).

Volkswagen menandatangani kontrak dengan Zona Pengembangan Ekonomi Hefei, mengumumkan investasi sekitar 1 miliar euro (1 euro = Rp16.088) untuk meluncurkan perusahaan baru pada awal 2024.

Perusahaan tersebut diperkirakan akan mengumpulkan sebanyak 2.000 spesialis litbang dan pembelian.

"Berkantor pusat di Hefei, perusahaan dengan nama proyek 100%TechCo ini akan menjadi fasilitas Grup terbesar dari jenisnya di seluruh dunia. Perusahaan tersebut akan menggabungkan tim litbang kendaraan dan komponen dengan tim pembelian sembari mengintegrasikan teknologi mutakhir dari pemasok setempat," ujar Ralf Brandstaetter, Chairman sekaligus CEO Volkswagen Group China, dalam acara penandatanganan tersebut.

Dirinya mengatakan bahwa pusat baru itu diperkirakan akan secara bertahap mempersingkat waktu pengembangan produk dan teknologi baru hingga sekitar 30 persen.

"Berkat dukungan dari departemen dan pejabat pemerintah yang terlibat, kami dapat mencapai kesepakatan dalam waktu yang sangat singkat. Kecepatan seperti ini di China sangat penting guna mendorong strategi kami di China, serta bagi strategi China guna menangani tren-tren yang menentukan pasar pada tahap awal dan secara signifikan meningkatkan kecepatan inovasi," ujar Brandstaetter.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023