Makassar (Antara News) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan bahwa Nigeria sangat mengharapkan bantuan Indonesia dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan.

"Memang pemerintah Nigeria sangat antusias untuk menjalin kerjasama dibidang kelautan dan perikanan. Bahkan Nigeria meminta pemerintah RI dapat membantu sektor perikanan mereka dengan mengajukan beberapa kerja sama di bidang budidaya perikanan darat dan laut," kata Sharif Cicip dalam siaran pers, Senin.

Menurut Sharif, Nigeria sangat antusias dengan perkembangan sektor kelautan dan perikanan di Indonesia.

"Di sektor budidaya perikanan, Nigeria menginginkan agar program karamba jaring apung, budidaya minapadi, budidaya udang, dan budidaya perikanan di perairan laut, bisa diterapkan di negerinya," katanya.

Ia juga mengatakan, Nigeria merupakan sebagian dari negara di kawasan Sub Sahara Afrika yang dikenal memiliki potensi perikanan cukup besar namun belum dikembangkan dengan optimal.

Sementara Indonesia, lanjutnya, dipandang lebih memiliki keunggulan yang bisa dibagi dengan Nigeria.

Sedangkan di bidang teknologi kelautan dan perikanan, ujar Sharif, Nigeria mengajukan draf kerja sama untuk peningkatan mutu dan standar produk perikanan.

Selain itu, Nigeria juga mengajukan untuk program modernisasi laboratorium perikanan Nigeria yang akan dibangun secara khusus di kota Lagos, kota terbesar di Nigeria.

Untuk kerjasama pembangunan secara fisik, Nigeria juga mencantumkan program pembangunan infrastruktur perikanan terutama rencana revitalisasi terminal perikanan dan pelabuhan perikanan di pantai Lagos.

"Nigeria juga mengajukan bentuk kerjasama dalam bidang penelitian dan pengembangan, pengkajian stok ikan diperairan laut Nigeria serta survei dan penelitian perikanan lainnya," katanya.

(*)

Pewarta: Oleh Muhammad Razi Rahman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013