Jakarta (ANTARA) - Aktivitas nonmanufaktur China mempertahankan pertumbuhan pada Mei 2023, dengan indeks manajer pembelian (PMI) untuk sektor itu mencapai angka 54,5, papar Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China pada Rabu (31/5).

Angka di atas 50 mengindikasikan ekspansi, sedangkan angka di bawah 50 mencerminkan kontraksi.

PMI nonmanufaktur China tetap berada di atas angka 54 tahun ini, mengindikasikan pemulihan yang berkelanjutan, menurut ahli statistik senior NBS Zhao Qinghe.

Subindeks untuk sektor jasa mencapai 53,8 pada Mei, lebih tinggi dibandingkan angka 47,1 yang tercatat tahun lalu. Secara khusus, subindeks aktivitas bisnis transportasi, akomodasi, dan katering berada di atas angka 55 setelah bidang perjalanan dan konsumsi luring mengalami peningkatan selama libur Hari Buruh (May Day).

Sektor konstruksi mempertahankan pertumbuhan pesat bulan ini dengan subindeks untuk aktivitas bisnisnya berada di angka 58,2, urai Zhao. Subindeks yang mengukur ekspektasi aktivitas di sektor itu tercatat di angka 62,1, menunjukkan optimisme yang kuat di kalangan perusahaan konstruksi.

Data pada Rabu itu juga menunjukkan bahwa PMI sektor manufaktur China berada di angka 48,8 pada Mei, turun dari 49,2 pada April. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023